Home > Kesehatan, Tips & Trik > Tips Untuk Menggemukkan Badan

Tips Untuk Menggemukkan Badan

Banyak orang yang mengeluh bahwa berat badannya tidak ideal. Sebagian merasa bahwa dirinya terlalu gemuk, namun sebagian lagi justru dibuat bingung karena berat badannya tidak bisa bertambah. Bagi sebagian besar kaum wanita, mungkin judul di atas tidak terlalu membuat antusias, karena kebanyakan wanita menginginkan untuk memiliki tubuh kurus. Namun bagi saya, tips untuk menggemukkan badan justru yang belakangan ini saya cari-cari karena memang saya ingin gemuk. Memang, saya sempat gemuk ketika hamil sampai melahirkan, tetapi secara berangsur-angsur berat badan saya semakin turun. Mulanya saya tak begitu peduli dengan hal tersebut, karena saya merasa sehat. Pedoman saya, kurus ngga masalah yang penting sehat.

Belakangan ini saya menjadi sedikit peduli dengan berat badan saya. Hal ini karena beberapa teman dan keluarga sering mengatakan bahwa saya kurus. Mulanya satu dua orang, namun makin lama makin sering orang berkomentar hal yang sama. Saya jadi penasaran dan berniat untuk memeriksa berat badan saya. Sebelumnya saya memang jarang menimbang berat badan. Setelah beberapa komentar itu, di suatu pagi saya jalan-jalan ke sebuah klinik bersalin di dekat rumah. Saya berniat untuk menimbang berat badan Syifa dan tentu saja saya. Saat menimbang, saya sempat kaget karena ternyatai berat badan saya memang turun. Kalau dikalkulasi secara teoritis dengan membandingkan tinggi badan, berat badan saya memang tergolong kurang. Saya pulang dengan satu kalimat yang harus menghasilkan jawaban, “Gimana ya, biar bisa gemuk?” Tentu saja gemuk yang sehat. Lebih tepatnya berisi, bukan gemuk. Soalnya kalau terlalu gemuk juga tidak baik untuk kesehatan.

Saya search di google dan menemukan beberapa tips. Sebagian besar dari halaman yang saya baca menyuguhkan tips yang tak jauh berbeda. Intinya makan, tidur, ngemil, dan olah raga. Sebagian besar tidak memberikan penjelasan yang memuaskan. Setelah beberapa lama mencari lagi, akhirnya saya menemukan satu alamat yang memberikan tips murah (bukan mudah) untuk menggemukkan badan. Berikut saya kutipkan tips tersebut yang saya peroleh dari sini. Jika anda memiliki masalah serupa, mungkin tips ini bisa anda coba dan buktikan sendiri.

Cara Murah Menggemukkan Badan

1. Olahraga

Dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, sehingga fungsi tubuh pun akan baik. Usahakan setidaknya dalam satu minggu minimal olah raga sekali. Dengan bentuk olah raga yang dapat membuat anda setidaknya berkeringat.

2. Minum susu

Susu selain sehat juga dapat menggemukkan badan anda, khususnya susu full cream. Disarankan untuk minum susu jenis full cream dua kali sehari.

3. Kunyah makanan

Saat makanan di dalam mulut maka kunyahlah sampai halus. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kerja lambung. Apalagi makan-makanan yang sulit dicerna. Karena selain di mulut tidak ada lagi gigi di tempa tlain.

4. Makan dengan teratur

Setiap hari makanlah dengan teratur. Selalu sarapan di pagi hari, makan siang tepat waktu kemudian makan malam. Dan di antaranya dapat diselingi makanan tertentu.

5. Jenis makanan

Jenis makanan yang anda makan sesuaikan dengan aktivitas anda. Jika anda seorang yang banyak bergerak maka makanlah yang banyak mengandung karbohidrat atau lemak. Karena jika kelebihan, maka karbohidrat dan lemak akan ditimbun. Berbeda dengan protein yang tidak akan ditimbun tubuh.

6. Periksa kesehatan anda

Jika anda pernah gemuk dan kemudian kurus coba cek kesehatan anda. Jika bukan karena penyakit maka setidaknya dengan tips ini anda sudah ada perubahan dalam waktu satu bulan.

Ada sedikit tambahan dari situs lain yang cukup penting, yaitu bahwa berat badan antara lain dipengaruhi oleh dua hal berikut:

Pertama, faktor genetika. Jika kedua orang tua dan saudara memang memiliki masalah yang sama yaitu susah gemuk, maka kemungkinan besar anda memang kurus secara genetika.

Ke dua, ada masalah metabolisme tubuh, misalnya adanya gangguan pada sistem penyerapan (absorpsi) nutrisi di saluran pencernaan. Atau bahkan mungkin ada masalah di sistem pencernaan. Jika anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan (sering sembelit, sering diare, atau sering merasa nyeri di perut) ada baiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam (internist) untuk memastikan apakah benar ada gangguan pada tubuh Anda.

About these ads
  1. rina
    December 1, 2008 at 10:23 am

    huhuhu

    tips kurussss, ada ga?
    qkqkqk

  2. rina
    December 1, 2008 at 10:24 am

    tips kurus?

  3. December 16, 2008 at 3:25 pm

    :?: klu gemuk dengan cara lain ada g??
    misalnya bukan dengan banyak makan !!!
    gua makan sekali aja susah apalagi harus disuruh makan banyak…..

  4. December 16, 2008 at 4:52 pm

    Coba saja dengan banyak olah raga. Salah satu sumber yang saya baca, dengan banyak olah raga, maka akan menguras banyak energi, sehingga membuat lapar. Akhirnya nafsu makan juga akan meningkat. Buntut-buntutnya juga makan ya? :mrgreen: Tapi kan jadi ngga terpaksa. Makan karena emang lapar, bukan karena dipaksa untuk makan. Semoga membantu :smile:

  5. iyon
    December 19, 2008 at 10:40 am

    kalo minum susu gemuk itu bahaya ndak?

  6. December 19, 2008 at 11:48 am

    @iyon. Minum susu semisal Appeton Weight Gain yang saya baca di sebuah situs, tidak berbahaya, karena susu tersebut merupakan gabungan dari komposisi bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti sulih hormon. Selengkapnya bisa dibaca di alamat di bawah ini:
    http://nagasakti.mervpolis.com/roller/myyap/entry/awas_kurus_ternyata_berbahaya
    Semoga bermanfaat.

  7. sus
    December 28, 2008 at 8:22 pm

    tinggi badan sy 189cm n brt bdn sy 5o kg. apa itu termasuk krus? padahl ortu q gak ada yg krus.

    sy jg jrng olah raga, tp sy ad les drum stiap hr slm 2 jam. apa itu bs sbg gnti olah rg? n sy jg krjnya gak terlalu banyak gerak,,

    trus terlalu banyak fikiran n tidur terlalu mlm apa juga mmpengaruhi proses menggemukkan badan?

  8. December 30, 2008 at 11:46 am

    @ Sus, makasih sudah berkunjung. Untuk menghitung berat badan yang ideal dapat dilihat di situs ini http://www.wartamedika.com/2007/11/rumus-untuk-menghitung-berat-badan.html Juga di http://klikdokter.com/ (di bagian sidebar kanan) kamu bisa langsung memasukkan tinggi badan dan berat untuk mengetahui apakah berat kamu termasuk ideal atau kurang.

    Untuk faktor-faktor yang lain saya tidak berani berpendapat karena masih belum menemukan informasi yang jelas.

  9. uzzi
    February 3, 2009 at 12:05 pm

    saya mau donk dikasih tips ngurusin badan,,,plizzz yaaaa…. :roll:

  10. Rini
    March 28, 2009 at 5:19 pm

    :razz: tinggi bdn saya 160 brt bdn 45, pi saya susah banget buat gemukin badan.oya saya pnya penyakit maag pengaruh g sich sama susahnya badan jadi gemuk?

  11. March 30, 2009 at 10:12 am

    @ Rini: maaf mbak, saya tidak tahu pasti pengaruhnya. Coba search atau baca di buku-buku kesehatan. Bisa juga konsul ke dokter untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan. Terima kasih.

  12. oyiiii
    March 31, 2009 at 8:28 pm

    tips awet muda ada gaaaaaaaaak? :roll:

  13. April 8, 2009 at 5:15 pm

    AQ oingin banget nie gemukin badan
    minum susu udah,ngemil udah
    makan udah
    tapi kok g bisa gemuk yach…
    knp see……….???????
    tlg saranya yach…….
    thank’s……….. :sad: :sad:

  14. Anita
    February 2, 2010 at 11:20 am

    Tips kurusnya mana Mi? :D

    • February 2, 2010 at 11:22 am

      tips kurus dah banyak yg nulis bund, search aja di google :p

  15. vtjenk
    July 2, 2010 at 8:40 pm

    sus,tubuh aq kdang gemuk truj tau2 berat badannya turun lagi.uhk padahal udh cpe2 nggemukin…knpa ye????

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: