Diary Syifa · Family · Islam · Pesantren · Sekolah

Rindu Anak di Pondok

Teruntuk para orang tua yang memilih memasukkan anaknya ke pesantren.

Berat, memang sangat berat.
Dan saya pun merasakannya sendiri kemarin.
Saat melepas si sulung di pondok. Berpamitan. Dia cium tangan saya, lalu melambaikan tangan.
Masih ada senyum. Dia terlihat kuat, atau berusaha kuat.

Sebelum momen itu, kami menyaksikan seorang santriwati menangis sambil memeluk ayahnya. Tampak pula ibunya, mengalihkan pandangan sambil menyeka bulir air matanya yg jatuh. Matanya merah.

Ah, memang situasi yang sangat tidak menyenangkan.

Continue reading “Rindu Anak di Pondok”

Diary Syifa · Informasi · Islam · Pesantren · Sekolah

Pendaftaran dan Seleksi Masuk Pesantren Al Irsyad Putri Bagian 2

Saya akan meneruskan cerita kemarin ya. Yang belum baca, bisa ke Bagian 1 dulu.

Selain wawancara calon santriwati, para orang tua juga diminta untuk menjawab beberapa lembar pertanyaan secara tertulis.

Intinya sama. Pertanyaan yang diajukan adalah seputar keseharian anak. Bagaimana kebiasaan di rumah, di sekolah, capaian apa yang diharapkan dengan memondokkan anak, serta kuisioner yang berkaitan dengan proses belajar mengajar termasuk hukuman yang diterapkan di pondok pesantren Al Irsyad. Kuisioner diisi dengan memilih kolom tidak setuju sampai sangat setuju.

Fasilitas Al Irsyad

Saat saya di sana dan menunggu anak selesai tes, saya sempatkan untuk melihat-lihat keadaan pondok, terutama kamar dan fasilitas lain.

Kamar di sana tergolong bersih. Ada beberapa bed tingkat dalam kamar dan antar bed ada jarak yang lumayan lega.

Continue reading “Pendaftaran dan Seleksi Masuk Pesantren Al Irsyad Putri Bagian 2”

Diary Syifa · Islam · Kesehatan · Parenting

Anakku Telah Dewasa

Menjadi ibu sesungguhnya, menurut saya, bukan terasa saat melahirkan anak, tetapi adalah saat menyaksikan anak mulai baligh.

Kemarin, tepatnya tanggal 20 Januari 2019 adalah pertama kali sulung saya mengalami haid.

Sebagai ibu, kecemasan pertama saya adalah mampukah saya menjaga dia (tentu dengan mengharap penjagaan Allah), mentransfer ilmu yang saya dapat (tentang haid dan yang berkaitan dengannya), dan memastikan bahwa dia sudah paham kewajiban wanita yang sudah baligh.
Karena saat itu, anak saya telah dibebani oleh syari’at.

Di kelas anak saya, sudah ada beberapa anak yang haid sebelum dirinya. Sudah separuh lebih dari jumlah siswi secara keseluruhan.

Anak saya alhamdulillah cukup mudah beradaptasi dengan perubahan ini.
Ketika pertama kali dia haid, dia bercerita pada saya. Awalnya dia bertanya tentang usia berapa mengalami haid.
Saya juga sudah ‘sounding’ tentang haid, tentang apa yang harus dilakukan saat haid, termasuk memberikan tutorial memasang pembalut beberapa waktu sebelumnya, ketika mengetahui kawannya sudah ada yang haid.

Continue reading “Anakku Telah Dewasa”

Islam

Barakallah dan Tabarakallah

Saya pernah menjumpai kalimat Tabaraka diucapkan bukan pada tempatnya. Mungkin si pengucap ini mengira bahwa arti Tabaraka sama dengan Baraka. Padahal keduanya berbeda.

Arti بارك adalah memberkahi.
Sementara تبارك artinya adalah Maha Berkah atau Maha Tinggi atau Maha Suci.

Al Laits menafsirkan kata تبارك الله adalah pemuliaan dan pengagungan (darussalaf.or.id).

Di Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 54 disebutkan kata تبارك الله رب العالمين yang artinya Maha Suci Allah, Tuhan Seluruh Alam.

Nah, kalimat بارك الله artinya adalah semoga Allah memberkahi. Ditambah kalimat فيك menjadi بارك الله فيك artinya semoga Allah memberkahimu.
Kemudian, menjadi tidak tepat apabila pengucapannya menggunakan awalan ت di depannya تبارك الله فيك. Artinya jadi tidak nyambung.

Saya pernah melihat Syeikh Fahd Al Kandari, di suatu sesi kegiatan Perjalanan Bersama Al-Qur’an, ketika melihat anak kecil berhasil meneruskan ayat (sambung ayat) maka Syeikh berucap ماشاءالله تبارك الرحمن sebagai bentuk kekaguman sehingga beliau memuji Sang Pencipta.

Jadi jika ingin mendo’akan anak atau siapa saja dengan keberkahan, ucapkan بارك الله فيك

Dan jika kita merasa kagum terhadap sesuatu ciptaan-Nya, ucapkan تبارك الله. Biasanya disambung dengan ucapan masya Allah menjadi ماشاءالله تبارك الله.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Islam · Renungan

Ramai-Ramai Memperjuangkan Tauhid, Tahukah Maknanya?

Ramai-Ramai Memperjuangkan Tauhid, Tahukah Maknanya?
✏️ Nur Fitri Fatimah

Mungkin.. Mungkin nih ya.. Karena banyak orang yang bangkit karena bendera bertuliskan kalimat tauhid dibakar oleh sekelompok orang tertentu maka lantas banyak pula yang ikut-ikutan. Karena mengaku muslim, seharusnya ikut marah dong melihat bendera bertuliskan tauhid dibakar. Namun kadang asal marah saja.
Kalau ditanya, “Kamu kenapa marah?”
“Ya marah dong. Masa kain ada kalimat tauhid dibakar gitu.”
“Memangnya apa itu tauhid?”
“Ya itu kan lailaahaillallaah.”
“Iya, trus apa maknanya?”
“Masa gitu aja lo ngga tau. Tiada Tuhan selain Allah lah.”
“Yakin?”
“Iya. Kan emang gitu, guru agama ngajarin juga gitu.”
“Beneran nggak ada Tuhan selain Allah?”
“E buset.. Lo kok nanya aneh-aneh sih..”
“Ya kali aja ada orang yang nyembah patung, nyembah matahari. Itu gimana?”
“Ya itu mereka salah.”
“Tapi kan itu Tuhan mereka?”
Krik Krik Krik.
Senyap.

Jangan-jangan nih.. Kita hanya ikutan marah karena merasa seharusnya marah kalau ada kondisi seperti itu. Melihat orang marah, ya ikut marah. Cuma ngekor aja. Nggak ngerti esensinya apa.

Analogi sederhananya begini.

Continue reading “Ramai-Ramai Memperjuangkan Tauhid, Tahukah Maknanya?”

Islam · Umroh

دورات المياه Kisah Tentang

Kisah yang tak terlupakan adalah saat mencari toilet sewaktu di Makkah Al Mukaromah.

Ketika itu kami (saya dan ibu mertua) sempat merasakan yang namanya “diusir” ketika sholat di sekitar Ka’bah. Ternyata, wanita tidak diperbolehkan sholat tepat di depan Ka’bah (padahal pengen banget).

Akhirnya kami naik ke atas (tempat sa’i) dan di situ juga ternyata kami mengalami “pengusiran” lagi. Mungkin karena banyak laki-laki di sekitar situ, jadi kami pindah lagi. Mencari tempat yang memang diperbolehkan untuk wanita.

Singkat cerita, kami pun sholat.
Selesai sholat, kebingungan melanda. Maklum, pertama kali menginjakkan kaki di tanah haram ini. Dan sepertinya, ibu saya juga bingung, meski beliau sudah tiga kali ke sini, namun karena jarak yang lumayan lama, dan sekeliling pun sudah berbeda penampakannya dari beberapa tahun lalu.

Kami pun berputar di atas, dan mencari jalan keluar.

Continue reading “دورات المياه Kisah Tentang”

Informasi · Islam · Kesehatan

Vaccines Don’t Save Lives, Allah Does

Satu yang perlu diwaspadai dengan hadirnya vaksin adalah masalah tauhid. Jargon “Vaccines Save Lives” Sudah sering terdengar. HATI-HATI karena itu sudah masuk ranah akidah. Yang menyelamatkan kita itu Allah, bukan vaksin. Jangan sampai menyandarkan keselamatan kepada benda. Bisa jatuh dalam syirik.

Continue reading “Vaccines Don’t Save Lives, Allah Does”

Informasi · Islam

Persiapan Ramadhan Si Kecil

Menyambut Ramadhan, bagi seorang ibu, tidak hanya melulu menyiapkan menu sahur dan berbuka, namun juga mempersiapkan juga puasa bagi buah hati. Bagi anak usia TK tentu sudah mulai dikenalkan tentang puasa. Bahkan mulai latihan puasa walau cuma setengah hari saja.

Alhamdulillah, ada sebuah website milik seorang rekan yang juga seorang ibu yang menyediakan berbagai ebook menarik untuk buah hati. Khusus menyambut Ramadhan pun, ada Ramadhan Chart yang dapat diunduh lengkap dengan stiker bintang yang menarik.

Continue reading “Persiapan Ramadhan Si Kecil”

Cerita · Diary Syifa · Islam

Ngasih Hadiah, Ngga Perlu Pas Ultah

Sebetulnya ide ngasih hadiah hari ini meluncur dari mulut anakku tadi pagi. Kemarin dia sudah membantu saya membereskan kamar. Waktu saya tawarkan membeli makanan ringan sebagai hadiah, dia ngga mau.

Dia bilang, “Kasih hadiah aja.” 🙂

Dan sebetulnya pula, kami (saya dan ayahnya anak-anak) sering memberikan hadiah untuk anak-anak kami. Cuma, saya yang lebih bisa merangkainya dalam bentuk yang indah seperti ini 😀

Continue reading “Ngasih Hadiah, Ngga Perlu Pas Ultah”