Home > Cerita, Parenting > Mengondisikan Anak Di Lingkungan Baru

Mengondisikan Anak Di Lingkungan Baru

Kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita saat kepindahan kami ke rumah baru, khusunya mengenai adaptasi anak kami. Cerita yang cukup singkat namun insya Allah ada maknanya🙂

Ketika pertama kali pindah rumah, ada rasa khawatir akan kondisi psikis anak kami di lingkungan baru nanti. Teman baru, tetangga baru, dan lingkungan yang pasti akan berbeda dengan lingkungan yang dulu. Hal-hal yang berbeda itu adalah, kalau dulu anak kami selalu serumah dengan banyak orang; nenek, kakek, mbah uyut, pakdhe, budhe, juga ponakan kecil (anak pakdhe) yang selama ini selalu menjadi teman mainnya (selain tentu saja adiknya, Sarah) sekarang hanya ada ayah, umi, juga adiknya. Di rumah lama pun (rumah ortu saya), Syifa sudah sering bermain dengan teman-temannya di sana, bahkan sudah hafal jalan ke rumahnya dari rumah teman-temannya. Di sini dia akan ‘kehilangan’ semua itu, minimal tidak akan setiap hari melihatnya. Itulah yang kami khawatirkan.

Malam pertama itu, benar saja, dia merasa kesepian, mencari-cari anggota keluarga di rumah lama. Dia menanyakan mbah kakung dan mbah utinya. Kami berusaha menghiburnya.

Keesokan harinya, sungguh bersyukur, karena beberapa teman kecil mulai berdatangan ke rumah. Syifa yang memang anaknya gampang bersosialisasi, langsung berkenalan dan mengajak mereka bermain. Alhamdulillaah… tidak perlu mengeluarkan banyak jurus untuk membuat Syifa betah di lingkungan baru.

Yang bisa diambil dari cerita ini adalah (dan mungkin bisa digunakan sebagai referensi ketika pindah rumah): segera carikan teman sebaya secepat mungkin untuk anak agar kesepiannya dapat sesegera mungkin terobati.

 

Categories: Cerita, Parenting
  1. August 18, 2011 at 10:41 pm

    siiiip,,,baguussss…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: