Home > Informasi, Kehamilan, Kesehatan > Konsumsi Habbatussauda Saat Hamil, Amankah?

Konsumsi Habbatussauda Saat Hamil, Amankah?

Habbatussauda atau jintan hitam (The Black Seed) merupakan obat alami yang telah digunakan sejak jaman dahulu oleh banyak negara di Timur Tengah untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun. Ahli pengobatan Yunani menggunakannya untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengatasi parasit usus seperti cacing. Ahli pengobatan Islam terkenal, Ibnu Sina, di dalam bukunya menyatakan bahwa jintan hitam dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan semangat.  Para ilmuwan di Eropa baru-baru ini menyatakan bahwa habbatussauda bekerja sebagai anti bakteri dan anti jamur.

Dalam satu hadits disebutkan bahwa habbatussauda dikenal menyembuhkan semua penyakit kecuali kematian.

Imam Bukhari meriwayatkan dari Aisyah r.a, bahwa ia pernah mendengar Nabi SAW bersabda “Dalam Habbatussauda’ terkandung kesembuhan untuk segala penyakit, kecuali as-sam.’ Aku bertanya, ‘Apa as-sam itu?’ Beliau menjawab, ’Kematian’.”

Habbatussauda yang mempunyai nama latin Nigella sativa, mengandung bahan-bahan berikut (diumumkan pada tahun 1959): 40% minyak constan, 1,4% minyak Aviary, 15 amino acid, protein, kalsium, zat besi, sodium, dan potassium. Menurut para peneliti habbatussauda, sampai sekarang tidak ada di alam ini suatu materi yang memiliki kompisisi, yang dengan kekhususannya mampu membebaskan dari penyebab berbagai macam penyakit dan sekaligus menyembuhkannya serta bekerja sebagai Immunty System, selain habbatussauda. (Sumber: Asy-Syifa min Wahyi Khatamil Anbiya’, karangan Aiman bin Abdul Fattah yang dikutip dari blog http://nabawiherbal.wordpress.com)

Pertanyaan yang ada sekarang, bagaimana bila habbatussauda dikonsumsi oleh ibu hamil? Ada satu review ilmiah berjudul: A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa, yang dimuat di Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004 yang disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan. Dalam tulisan tersebut dikatakan bahwa habbatussauda telah lama digunakan sebahai bahan untuk menggugurkan kandungan. Di sana juga disebutkan bahwa penggunaannya adalah menggunakan dosis yang tinggi.

Penelitian lain yang menyebutkan efek yang sama setelah meminum habbatussauda dalam dosis tinggi juga dimuat di Review of Uses Nigella sativa: Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties of Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisalabad, Pakistan, Int. J. Agri. Biol. Vol I. No. 3 1999. Dalam literatur tersebut disebutkan bahwa ekstrak air panas dari habbatussauda dalam dosis besar bisa menyebabkan aborsi (keguguran) pada wanita hamil. Demikian juga jika mengkonsumsi biji habbatussauda dalam dosis besar akan menyebabkan keguguran/ abortus.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan India dengan menggunakan tikus, mendapatkan kesimpulan bahwa ekstrak methanol dari habbatussauda dengan dosis 2 gram/Kg bb secara signifikan menimbulkan induksi foetal resorbtion pada tikus hamil setelah usia janin 14 hingga 16 post coitum, yang dengan kata lain dapat menginduksi aktivitas abortus janin. (Velmurugan R, dkk., Department of Pharmacy, Annamalai University, Annamalai Nagar-608 002, India. Post Coital Antifertility Activity of Nigella sativa, Asian Journal of Chemistry , 2007.)

Dengan berbekal hasil penelitian tersebut, hendaklah ibu hamil tidak mengonsumsi habbatussauda apalagi dalam dosis besar, terutama pada trimester pertama kehamilan.

  1. May 12, 2011 at 8:15 am

    pengetahuan baru….

  2. May 27, 2011 at 2:51 am

    Setuju kalau kita harus mengilmui sebelum bertindak. Karena penggunaan sesuatu, baik itu benda atau pengetahuan dengan sangat terbatas cukup berbahaya.
    Nice info Ummu Syifa…

  3. November 17, 2011 at 4:02 pm

    umi, sari kurma boleh kan mi?

  4. zainurhamid
    February 4, 2012 at 8:54 am

    gimana membedakan produk impor yg asli dan yg tidak, bib…..

    lalu cara memproses di konsumsi sendiri dengan ukuran dosis bagaimana ?

    kalo untuk anak – anak dosis yg tepat berapa?

  5. February 18, 2012 at 8:44 pm

    habbatussauda apakah bisa menyembukan penyakit malaria?

    • Ummu Syifa
      February 20, 2012 at 5:55 am

      maaf, kami tidak tahu karena belum pernah menemukan info tersebut.

  6. adaaja
    February 29, 2012 at 8:29 pm

    percayalah pada Nabi! jangan percaya dengan ilmuwan medis apalagi percaya tikus….

    • Ummu Syifa
      March 1, 2012 at 7:32 am

      Betul sekali, sebagai umat Islam memang harus percaya apa kata Nabi. Masalahnya adalah ada kondisi-kondisi tertentu di mana kita juga harus menilik dari hal ilmu pengetahuan, khususnya untuk masalah pengobatan, karena ilmu medis itu terus berkembang.
      Tak hanya habbatussauda, saya contohkan madu.
      Madu sangat baik dikonsumsi, pun disebutkan sebagai obat terhadap berbagai penyakit. Namun kita harus waspada ketika memberikan kepada balita, khususnya anak di bawah usia satu tahun. Mengapa? Karena berdasarkan penelitian secara klinis, pemberian madu pada bayi usia di bawah satu tahun dapat beresiko terserang penyakit Botulisme (Saeuglingsbotulismus). Karena madu murni tidak melewati tahap pasteurisasi, sehingga spora dan serbuk sari berpotensi tumbuh di dalamnya. Bayi dibawah satu tahun sangat tidak disarankan mengkonsumsi madu, karena pada sistem pencernaan bayi yang belum sempurna akan sangat rentan terserang botulisme.

      Demikian dengan habbatussauda. Kami hanya memberikan saran sesuai ilmu medis yang berkembang, bukan lantas tidak percaya dengan keampuhan habbatussauda seperti sabda Rasulullah.

  7. Harisma Ummu Maryam
    March 28, 2012 at 11:06 am

    Afwan ana baru tw i2,tp dlu wktu ana hamil 1bln krna ngidam berat ana minum habbat kapsul,
    Alhamdulillah muntah brkurng.

  8. widi
    May 27, 2012 at 3:11 pm

    Saya juga baru tau kalo habbats bs menggugurkan janin.. padahal sekarang saya tengah hamil 1 bln, saya minum 2 kapsul pagi sore.. saya jadi khawatir gmn dngn bayi saya nanti?

  9. Nisrina nafisah
    April 30, 2013 at 12:53 pm

    Asslmualaikm..
    umi, sy mw tanya..
    usia kandungan sy saat ini sdh 5 bulan.. di usia 3 bulan sy mngkonsumsi sari kurma, madu hitam, zaitunsaudapropolis (dlm 1 kapsul) sy br tw habatusaudah tdk baik dkonsumsi ibu hamil d trimester 1 dan 2. bgaimana dgn kondisi kndungan sy? trma ksh..

  10. annisah
    May 4, 2014 at 8:21 pm

    saat ini q hml UK 5w-6w, khamilan anak ke-5
    dg khmilan prtama lhr normal dan skrg usia 9th, khamilan ke-2 mninggal dlm kandungn d UK 8bln, khamilan ke-3 dan ke-4 keguguran di trisemester pertama…
    dr UK 4w q konsumsi hobbatussauda 2x sampai 3x dlm sehari alhamdulillah mual dan keluhn2 yg biasa q alami d khamiln sbelumx tdk trjadi…
    berasa sehat dan nyaman🙂
    semoga tdk trjadi lg kegugurn dlm khamiln a saat ini, mohon doax, kabulkn y Allah…aamiin

  11. fitrinoerjannah
    April 26, 2015 at 2:50 pm

    dpt pgetahuan yg bermanfaat lg.

  12. November 30, 2015 at 10:01 am

    Mbk annisa bisavminta fb skalian mo share.mksih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: