Home > Bayi, Merawat Bayi, Perlengkapan Bayi > Serba Serbi Cloth Diaper

Serba Serbi Cloth Diaper

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Cloth Diaper atau biasa disingkat dengan clodi merupakan popok yang dapat digunakan berkali-kali atau reusable diaper, yang sangat berbeda dengan popok sekali pakai. Clodi sudah terkenal dan dipakai oleh masyarakat Indonesia. Beberapa kelebihan clodi dibanding popok sekali pakai di antaranya adalah ramah lingkungan dan tentu saja tahan lama karena dapat dipakai hingga usia tiga tahun ketika si kecil kadang ada yang masih menjalani toilet training.

Beberapa waktu lalu, seorang teman mengirimkan sms yang isinya menanyakan tentang clodi yang saya pakaian untuk anak saya. Kebetulan saya baru mulai memakaikan clodi untuk anak kedua saya. Anak pertama saya tidak pernah mengenal clodi, karena waktu itu memang kami belum tahu tentang clodi (atau memang belum ada di Indonesia?). Saat itu tahun 2007, mungkin saya saja yang masih gaptek😀 Dulu memang pernah saya memakaikan popok semacam clodi, namun ternyata sangat tidak memuaskan. Harganya memang murah (belasan ribu saja) jadi wajar jika kualitasnya tidak begitu bagus. Popok ini tidak mampu menampung pipis berkali-kali, terbukti dengan hanya bebera saat saja pipis langsung tembus ke pinggir karena popok miring. Selain itu kekurangan lainnya adalah pada perekat sampingnya yang kurang bagus sehingga tidak nyaman ketika bergesekan dengan kulit. Popok jenis ini sekarang pun masih banyak dijual di pasaran dengan harga yang memang jauh lebih murah daripada clodi.

Kembali ke ceriita sms tadi. Menjawab sms teman saya, saya langsung menyarankan untuk melihat sebuah online shop yang menjual clodi. Maksud saya agar dia dapat melihat-lihat dan membandingkan antara satu merk dengan merk lainnya, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Memilih Clodi

Clodi terdiri dari pocket dan insert (seperti pada gambar sebelah). Pocket adalah bagian luar clodi yang berbentuk seperti popok, sedangkan insert adalah bagian dalamnya yang biasanya berbentuk segi empat memanjang dan tebal. Ada merk yang satu paketnya terdiri dari satu pocket dan dua insert. Ada yang satu paketnya hanya terdiri dari satu pocket dan satu insert saja. Harga clodi bervariasi tergantung dari merk dan isi paketnya, yaitu mulai dari 60 ribu hingga ratusan ribu rupiah (paling mahal setahu saya sekitar 295 ribu rupiah).

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan sebagai acuan ketika anda akan membeli clodi:

1. Teliti sebelum membeli.

Bandingkan harga clodi dan kualitas berbagai merk lalu sesuaikan dengan kantong anda. Ingat bahwa harga clodi ini relatif mahal (walaupun sebanding dengan kegunaannya). Pilih yang sekiranya berbahan bagus (agar nyaman bagi kulit bayi). Survey atau tanya-tanya dahulu dengan teman atau kerabat yang telah memakainya, kemudian carilah di toko-toko atau online shop yang menjualnya.

2. Beli satu, coba dulu

Anda tentu tak ingin salah pilih bukan? Cara yang tepat adalah dengan mencoba membeli satu buah clodi terlebih dahulu. Di samping tidak memberatkan kantong, anda juga tidak akan menyesal apabila clodi yang anda beli ternyata belum sesuai dengan yang anda mau. Mungkin saja ada kekurangan yang membuat anda tidak puas atau bahkan membuat bayi anda tidak nyaman. Bila memang clodi yang dibeli telah sesuai dengan keinginan, silakan untuk menambah persediaan bila dana memang mencukupi🙂

3. Pilih kulitas, bukan tampilan

Clodi dengan berbagai merk telah tersebar luas. Anda mungkin tergiur dengan “pesona” clodi yang tampil dengan berbagai desain, warna dan motif memikat. Jangan terpikat hanya pada tampilan luarnya saja. Kualitas clodi jelas lebih penting. Carilah clodi yang nyaman dipakai bayi, tidak tembus samping, dan tentu saja sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Pencucian

Ketika anda sudah menemukan clodi yang sesuai dan membelinya, sebaiknya jangan langsung dipakaikan kepada bayi anda. Cucilah terlebih dahulu clodi, minimal tiga kali. Maksudnya cuci kemudian keringkan, lalu cuci lagi, hingga tiga kali cuci kering. Mencucinya tidak menggunakan detergen, melainkan hanya memakai air biasa. Air dalam kondisi tidak terlalu dingin maupun panas, suhunya seperti air kran biasa saja. Setelah tiga kali kering, barulah clodi siap dicobakan kepada bayi.

Setelah pemakaian (clodi biasanya mampu menampung beberapa kali pipis, antara 4-6 jam), gantilah clodi bayi anda dengan yang bersih dan kering. Clodi kotor harus segera dibersihkan. Caranya, bila clodi hanya terkena pipis saja, maka segera rendam pada air kran biasa selama 10-15 menit. Jangan merendam terlalu lama yang akan menyebabkan clodi menjadi bau. Setelah direndam, kucek sebentar dalam air yang telah dibubuhi detergen (sedikit saja dan dilarutkan dalam air 1-2 gayung). Setelah itu bilas minimal tiga kali hingga bersih. Cara mengetahui clodi benar-benar telah bersih adalah bila dicium tidak akan berbau apa pun, baik bau pipis maupun bau detergen. Jika bau detergen masih tercium, tandanya clodi belum benar-benar bersih. Bilaslah kembali hingga bersih, karena bila ada sisa detergen maka akan menyebabkan tumbuhnya bakteri ketika clodi tersebut kotor.

Bila clodi terkena noda BAB bayi, maka bersihkan dahulu noda BAB kemudian setelah bersih segera rendam dalam air selama 10-15 menit. Selanjutnya caranya sama dengan di atas. Satu yang perlu diingat, jangan menggunakan pewangi ketika membilas clodi, karena akan menyebabkan daya serapnya menurun. Jangan pula menyetrika pocket maupun insert clodi. Bila clodi telah dijemur dan kering, cukup dilipat saja. Mengeringkan clodi bisa dijemur langsung atau dikeringkan dahulu dengan mesin cuci (cara kedua ini akan membuat clodi lebih cepat kering).

Gambar dan tambahan referensi dari: http://www.time.com/time/magazine/article, http://www.handmade-adelaide-baby.com/cleaning-cloth-diapers.html, http://clothdiapermalaysia.com

  1. July 22, 2013 at 7:10 pm

    SETUJU..Pakai clodi aja yuukk.. Penggunaan clodi sangat menghemat pengeluan rutin bulanan.. si baby juga sehat (“,)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: