Resep Kue

Resep Brownies Panggang Praktis

Resep ini terinspirasi dari sebuah video pembuatan brownies fudge di youtube. Metodenya sama, hanya saja bahan yang saya gunakan sedikit berbeda. Rasanya? Kata ayah Syifa sih enak…FYI biasanya lidah ayah Syifa itu ngga pernah bohong, kalau ngga enak ya dibilang ngga enak. Karena kali ini dibilang enak, jadi saya pede untuk nulis resep ini di sini ๐Ÿ˜€ Alasan lain mengapa saya suka resep ini, selain simpel bahannya juga gampang cara buatnya. Tak perlu pakai mixer. Penasaran? Yuk, kita telusuri artikel ini sampai kelar ๐Ÿ™‚

Bahan-Bahan

200 gram margarine

200 gram DCC

3 butir telur (ukuran medium)

gula halus (pakai takaran air, sekitar 100 ml)*

tepung terigu (plain flour, pakai takaran air sekitar 150 ml)*

vanila essence

garam (pinch)


Cara Membuat

1. Persiapkan loyang, olesi permukaan loyang dengan margarine dan ditaburi sedikit tepung terigu hingga merata di permukaan. Bisa juga loyang dialasi dengan aluminium foil dan diolesi margarin.

2. Lelehkan margarine dalam mangkuk dengan cara dipanaskan menggunakan microwave selama satu menit. Dapat juga melelehkan margarine dengan memanaskan di atas kompor dengan api kecil.

3. Campurkan DCC ke dalam lelehan margarine, aduk-aduk hingga cokelat meleleh sempurna.

4. Kocok telur lalu masukkan ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercampur merata.

5. Masukkan vanila essence (sekitar 1/2 sdt) dan garam (pinch atau sejimpit kecil).

6. Masukkan gula halus, aduk-aduk lagi hingga rata.

7. Masukkan plain flour dan aduk rata.

8. Panggang dalam oven 160 C selama 30 menit.

Gampang bukan? Silakan dicoba ๐Ÿ™‚

*karena saya tak punya timbangan, maka andalan saya adalah takaran air ini ๐Ÿ˜€ Maksud 100 ml berarti gula halus ditakar agar sejajar dengan ukuran 100 ml

Advertisements

45 thoughts on “Resep Brownies Panggang Praktis

    1. sejak di OZ mpok ๐Ÿ˜€ Di sini telor ada yang 12 butir beratnya 600 gram (small), 700 gram (medium), dan 800 gram (large) ๐Ÿ™‚

  1. ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

    ุฃู†ุง ู…ู† ู…ูƒุฉ ุงู„ู…ูƒุฑู…ุฉ .. ูˆู„ูƒู† ู„ุง ุฃุนุฑู ุบูŠุฑ ู„ุบุชูŠ ุงู„ุฃู…

    ุฃุญุจุจุช ุฃู† ุฃู„ู‚ูŠ ุงู„ุชุญูŠุฉ ุนู„ูŠูƒู…

    ูˆูู‚ูƒู… ุงู„ู„ู‡

    1. ุฌุฒุงูƒ ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑ
      ูˆุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ูู‰ูƒ

  2. WAH,,, AKU MAU NYOBA AH
    kyknya gampang seeh
    sebab kemarin aku coba resep yg lain pake dimixer kyknya agak ribet n hasilnya gak bagus2 amat
    BTW, itu utk loyang ukuran berapa???

  3. Hi mba, ak enji.. Slm kenal ya..mba, ak coba tp koq hsl nya ga ky yg d gmbr? Apa yg salah ya? Mentega n DCC bs d cairkan dgn cara d tim ga? Trus telur d kocok sampai bgmn? Telurnya d masukin ke dlm coklat wkt coklat panas ato udh dingin? Makasi,maaf ya kbykan nanya,hehe..

    1. salam kenal mba Enji. Hasilnya tdk sama, jd bagaimana?
      Margarine dan DCC bisa di tim yg jelas sampe nyampur. Telur dikocok biasa aja sampe nyampur jd satu, ga pake mixer. Masukkan ke adonan bila sudah agak dingin agar tdk menggumpal.

  4. Bismillaah. Umm, salam kenal ya… aku mau coba copas resepnya di oven hehe….
    Alhamdulillaah, tadi browsing ke beberapa blog semuanya pakai baking powder.
    Jazakillaahu khoiron wa barakallaahu fiyki.

  5. Mba mau nannya dong .. Itu telur sama coklat di campur kemana ?? Ke dlm mixer ya ? Jd setelah coklat dan mentega di tim danm dingin baru campur ke dlm telor yg uda dikocok tangan ke dlam mixer ? Begitukah ? Mohon pencerahannya, terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. iya mba bener banget. Jd setelah margarin dilelehkan dgn cokelat lalu taruh di mangkuk. Telur yg udah dikocok lalu dituang dlm mangkuk tadi. Aduk rata.

    1. bisa saja diganti, cuma resepnya beda. Tekstur menurut sy lebih lembut kukus. Kalo panggang dimakan suka pecah. Tau kan ya maksudnya? Jadi banyak remah-remahnya gitu.

  6. istriku tertarik mau bkin brownies yg simple cara buatnya,, ehh, ktemu jga,, mudah2n hasilnya enak,, karena aku suka brownies,,

  7. mba ummu …maksudnya garam pinch itu 1/2 sdt ya???? klo saya panggangnya pake oven kompor, itu gmana caranya dan brapa lama…apakah sama 30 menit jga??? syukron

    1. sedikit saja mbak, sejimpit aja, ngga sampai 1/2 sdt. Panasnya berapa ya mba? Kalau suhunya sama bisa 30 menit juga lama pemanggangannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s