Home > Bayi, Perkembangan Anak > No Crawling, No Problem

No Crawling, No Problem

Seorang ibu yang sedang mempunyai bayi pasti selalu mengikuti perkembangan bayinya dari waktu ke waktu. Dari awal dia mulai menggerakkan matanya saat diperlihatkan benda-benda, kemudian mulai belajar memegang benda, saat mengeluarkan kata-kata pertamanya, sampai saat si bayi dapat berdiri sendiri, semua tak lepas dari pengamatan ibu. Bahkan banyak ibu yang tak lupa mencatat kejadian penting si bayi itu dalam buku khusus bertajuk “Baby Diary”.

Mengenai perkembangan bayi, beberapa buku telah banyak membahasnya. Buku-buku tersebut kebanyakan membahas tentang apa yang seharusnya bisa dilakukan si bayi pada usia tertentu. Di akhir pembahasan ada pula yang menyematkan pesan agar si ibu segera menghubungi dokter bila kemampuan anaknya jauh tertinggal bila dibandingkan dengan teman-teman sebayanya. Hal inilah yang kadang memicu ibu untuk jadi “juri” bagi anaknya sendiri. Ia sibuk membanding-bandingkan kemampuan anaknya dengan kemampuan anak lain, lalu khawatir bila anaknya belum bisa begini, sementara anak tetangga sudah bisa begini. Ibu menjadi frustasi bila anaknya misalnya belum bisa merangkak padahal temannya yang berusia lebih muda beberapa hari misalnya, sudah lancar merangkak.

Inilah tema kita kita kali ini. No crawling, no problem. Mengapa begitu? Ya, saya akan mencoba untuk membagi informasi tentang buku yang pernah saya baca. Bila ibu memang sudah pernah mendapatkan informasi ini, bersyukurlah karena anda tak harus khawatir lagi🙂

Sebuah buku terjemahan karangan Arlene Eisenberg dkk, yang berjudul Bayi Pada Tahun Pertama, Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan menyebutkan bahwa merangkak adalah hal yang mulai bisa dilakukan oleh beberapa bayi pada usianya yang ke delapan bulan. Tentu saja tidak semua bayi bisa melakukannya pada usia tersebut. Ada yang lebih lambat dan mungkin bisa jadi malah lebih dulu dari usia yang seharusnya dalam buku itu.

Namun tahukah ibu, bahwa merangkak, dalam bagian lain dalam buku ini dinyatakan bukanlah step yang harus dilewati bayi. Memang ada bayi yang merangkak namun ada juga yang tidak. Untuk bayi yang tidak melewati tahap merangkak, biasanya ia akan menggunakan perutnya untuk merayap. Contohnya adalah anak saya sendiri. Awalnya ia merayap jika ingin berpindah tempat, mengejar mainan misalnya. Lalu lama-lama ia merangkak sendiri pada saat sudah mulai belajar berdiri. Kira-kira saat usianya sembilan bulan. Ada juga bayi yang tidak melewati kedua step itu. Contohnya adalah adik sepupu saya sendiri. Dia memilih ngesot (dalam posisi duduk bersila, menggerakkan tubuhnya agar bisa maju) untuk berpindah tempat.

Nah, jadi bagi ibu yang tidak melihat anaknya merangkak, janganlah khawatir karena seperti yang sudah saya katakan, merangkak itu bukanlah step wajib. Kenapa dikatakan step wajib? Dalam buku ini disebutkan, kurang lebih step wajib bayi sebelum berdiri adalah tengkurap, duduk, dan berdiri. Untuk bisa duduk, ia harus bisa tengkurap dan berguling. Lalu bila sudah duduk, ia pun akan mencoba berdiri. Tentu saja merangkak tidak termasuk di dalamnya, karena bisa saja ia langsung minta tetah atau malah berdiri sendiri dari posisi duduk dengan berpegangan pada meja.

Jadi, bayi yang tidak melewati proses merangkak itu wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Ngga merangkak, ngga masalah bukan?🙂

*Gambar diambil dari http://geoparent.com

/milestones/wp-content/uploads/2008/04/baby-crawling1.jpg
  1. May 12, 2010 at 2:20 pm

    baru baca ini🙂, buku itu primbonku juga mbak .. Asa minta tetah dlu baru merayap ..

  2. March 2, 2011 at 6:25 pm

    wah dapat info baru ni umi, makasi ya…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: