Bayi · Kehamilan · Melahirkan

Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Saat seorang wanita dinyatakan hamil pasti dia akan langsung sibuk menandai kapan bayinya akan lahir kelak. Hari lahir bayi ini bersifat perkiraan saja dan biasanya bisa maju atau mundur selama satu minggu. Biasanya saat periksa kehamilan, dokter akan memberitahu HPL bayi. Anda pun bisa menghitungnya sendiri dengan rumus yang sederhana berikut.

Untuk menghitung HPL, caranya mudah. Yang perlu anda ingat adalah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Perlu diingat sebelumnya, bahwa perhitungan dengan cara HPHT ini akan mendekati akurat hanya jika siklus haid anda teratur. Teratur di sini maksudnya ialah siklus haid (jarak haid bulan lalu dan bulan kemudian) adalah dalam selang 28-35 hari. Bagi yang tidak teratur, misalnya siklusnya bisa mundur sampai 2 atau 3 minggu, atau bahkan sampai sebulan pernah tidak haid sama sekali, maka perhitungan ini kurang cocok. Mengapa? Karena perhitungan siklus haid mempengaruhi perhitungan ovulasi, yaitu satu di antara enam hari di masa subur. (Lihat postingan Menghitung Masa Subur Wanita, untuk detailnya). Masa ovulasi adalah masa di mana sel telur dilepaskan, sehingga jika bertemu sel sperma pada saat itu akan terjadi pembuahan.

Nah, setelah mengetahui HPHT, maka rumus penghitungan HPL adalah:

HPL= HPHT + 7hari – 3 bulan

Sebagai contoh, pada saat hamil Syifa dulu, HPHT saya adalah tangga 26 November. Jadi HPL =Β  26+7= 3 Desember, lalu dikurang 3 bulan = 3 September.

Saat itu ternyata Syifa lahir pada tanggal 31 Agustus. Jadi maju selama 3 hari. Hal ini wajar karena seperti yang sudah dinyatakan di atas, yaitu tergantung masa ovulasi.

O ya, pada gambar di atas ada tool yang memudahkan untuk menghitung HPL. Saya mendapatkannya saat kunjungan ke dokter beberapa saat lalu. Jika anda lihat, di gambar tersebut ada dua macam lingkaran yang menampilkan deretan angka-angka. Pada lingkaran luar, terdapat kalender selama satu tahun, dari 1 Januari sampai 31 Desember. Sedang di lingkaran luar adalah perhitungan minggu-minggu kehamilan, yaitu berupa deretan angka dari 1 hingga 42. Sebelum angka satu tidak diberi angka, berarti nol.

Lingkaran dalam ini bisa diputar. Cara menggunakannya mudah saja. Angka nol sebagai awal permulaan perhitungan digeser sampai pada tanggal HPHT. Kemudian tinggal dilihat saja, pada minggu ke 40 jatuh pada tanggal berapa dan bulan apa. Itulah HPL.

Lalu untuk anga 41 atau 42, ini sebagai perkiraan jika kelahiran mundur dari 40 minggu. Namun maksimal hanya sampai 42 minggu. Jika bayi belum lahir pada masa ini maka dokter biasanya akan langsung melakukan induksi pada si ibu karena bayi memang sudah saatnya lahir.

40 thoughts on “Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

    1. sebagai informasi dibaca sebelum nikah juga gapapa kok, insya Allah ada manfaatnya kelak bila telah menikah dan istri tengah hamil πŸ™‚ Makasih sudah mampir dan komen di blog ini.

  1. hee.. kaget aku kok rumusnya dikurangi 3 bulan.. ternyata sama aja dg ditambah 9 bulan :p soalnya g pake angka taun πŸ˜€

  2. Wah, q ibu lilik. Q mo htung hr prtama min. Soalnx yg q ingat 23 mei qu tandai di kalender,tp q lupa apa itu hr slsainx q min. Trus gmn ya q ngitungnya?

    1. jika ibu lupa hari pertama haid terakhir, maka HPL bisa dihitung melalui hasil USG di usia kandungan 10 minggu.

  3. saya mau nanya,istri saya melahirkan tanggal 26 november dan saya tidak tauh haid terakhirnya kapan karena kami jarang membahasnya.yang saya tanyakan pada tanggal berapakah istri saya hamil atau dibuahi…….

    1. kalau kasus ini berarti cara hitungnya dibalik. Dari tanggal 26 November – 7 hari + 3 bulan. Hasilnya hari pertama haid terakhir istri anda adalah 19 Februari. Tapi tanggal ini bisa jadi tidak akurat. Hal ini didasarkan atas banyak faktor; lamanya kehamilan (bisa jadi tidak genap 40 minggu), lalu siklus haid istri (jika siklus tidak teratur maka perhitungan dengan metode ini tidak bisa jadi acuan). Sehingga hasil perhitungan tanggal tersebut hanya bisa jadi perkiraan saja. Semoga membantu.

  4. contoh tanggal hphtnya koq bisa pas ya ma saya, tapi bulannya beda 1 bulan, brarti dari hitungan itu hpl saya 3 oktober nih…..makasih ya bu….

  5. dimana saya bisa dapatkan kalender kelahiran sperti itu,atau kalo ada filenya boleh saya minta dikirim via email utk diprint?syukron

  6. Assalamualikumm,,,insyaallah klo gtu HPL ane 5 februari 2011 πŸ™‚ ,,,di bula yg sama dg kelahiran ane,,jika gk maju soale Alhamdulillah termasuk siklus normal 30hr,,lg ingat mengingat cra ngitung HPL,,,ehh dsini ada juga rupahnya

  7. Umi, aku lagi nyari TP menurut Naegle dan kawan-kawan, ada tugas kuliah. aku udah punya 2 buku referensi, tapi lagi nyari penjabaran yang rinci dengan bahasa yang sederhana, aku temukan dalam blog Umi. jadi sangat membantu aku untuk lebih memahami teori-teori Beliau, syukron ya, Umi (aku lagi nyantri di D-3 Kebidanan STIKES Sumbawa Barat NTB…..he…he..jauh ya…)

  8. hi mba Umi,

    mo nanya nih, HPHT aq tgl 7 desember 2010…kira2 HPL nya tgl brapa? Klo terlambat dikit kira2 selisih brapa hari…

    Thx sblmnya

  9. mb saya mau tanya, cara menghitung HPL tapi orangnya lupa HPHTnya itu memakai rumus apa ya selain USG?

    mohon bantuannya
    terima kasih ^_^

  10. Saya mau tanya dok.saya terakhir mens 22 mei berarti skarang kadungan saya sudah 7 bulan dok kira2x kapan tgl lahir nya ya?

    Trims dari titi d cipinang.

    1. HPL 29 Februari. Bisa maju atau mundur. Hanya 5% bayi yg lahir sesuai HPL. Btw, saya bukan dokter kok. Panggil umm saja πŸ™‚

  11. Ada kasus seperti ini:
    ada seorang ibu melahirkan pada tgl 19 Oktober, menstruasi setiap pertengahan bulan, pada bulan januari dia merasa tidak mens tapi hanya fleks2(keluar darah sedikit) saja selama 3 hari….maka dia menganggap HPHT adalah pertengahan desember
    mungkinkah itu hasil dari hubungan pada akhir desember atau ternyata fleks pada bulan januari itu adalah mens sehingga anak itu adalah hasil hubungan pada bulan januari/februari?
    karena jika dihitung mundur dari hari lahir; HPHTnya pada pertengahan januari, sedangkan jika dihitung HPHT dari pertengahan desember berarti usia kandungan adalah 44 minggu sedangkan si ibu tidak “dipaksa” melahirkan, malah hanya maju 2 hari dari perkiraan dokter.

  12. Assalamualaikum,umi mau nanya ni saya halangan terahir tgl 15 mei,klo saya hitung pake kalender umi hari perkiraan lahirx tgl 22 februari tp dokter bilang tgl 20 sedangkan usia kandunganx udah 38 mingguan kira yg benar kpn ya umi soalx saya nda sabar nunggu lahirx anak pertama saya umur saya sekarang 32 thn,makasih umi infox,assalamualaikum

  13. Anak saya lahir tgl 16 desember 2012,di bulan berapa proses pembuahannya? Saya dgn istri saya

    Anak saya lahir tgl 16des2012.saya tidak tau haid terahirnya.kira-kira pembutannya di berapa nya

  14. Sy mo tanya, UmiSyifa. Klo siklus haid sy seringkali berselang kisaran 23-27hr tu termasuk masa haid yg teratur ap tdk ya, UmmiSyifa…?? Bs utk mnghitung HPL mdekati akurat ap tdk ya, Ummi??Trimakasih

  15. saudara saya menikah tgl 4 desember 2015 ternyata tgl 06 juni 2016 yl melahirkan menurut dokter obgin : bayi nya prematur kr lahir pas kehamilan 6 bulan
    menurut saudara saya bayi tersebut lahir pada saat kehamilan 7 bulan
    yang benar menurut dokter atau saudara saya? dan selama bayi lahir tidak sama sekali pun masuk inkubator hanya dihangatkan saja dengan lampu di rumah
    saya khawatir dengan kondisi bayi nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s