Home > Resep Makanan > Resep Ayam Panggang

Resep Ayam Panggang

Grilled ChickenIni dia makanan favorit keluarga kami begitu menginjakkan kaki di Sydney. Ya, ayam panggang. Saking senengnya dengan grilling, sampe-sampe sangat sering membuat menu yang satu ini: grilled chicken.

Cara membuatnya mudah sekali. Rasanya juga lumayan enak kok😀 Resep ini saya dapat dengan mencoba-coba sendiri, sampai akhirnya menemukan resep yang sesuai di lidah. Silakan mencoba:

Bahan-bahan:
10 sayap ayam ukuran sedang

Bumbu yang ditumis:
5 siung bawang putih (cincang halus)
1 buah spanish onion ukuran sedang (cincang halus)

Bumbu bubuk:
2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh kunir bubuk

Bumbu tambahan:
1,5 sendok teh garam
2 sdm air jeruk nipis
2 sendok makan kecap manis
2 sendok makan gula jawa iris
2 sendok makan air hangat (untuk melarutkan)

Cara membuat:
1. cuci bersih ayam kemudian beri tiga sayatan dengan pisau pada permukaan sayap, bolak-balik (agar bumbu meresap)
2. siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak, lalu tumis bawang putih dan spanish onion sampai layu dan berbau harum
3. masukkan tumisan tadi dalam satu wadah
4. tambahkan ke dalam wadah tersebut bumbu-bumbu bubuk dan bumbu tambahan, lalu aduk sampai merata
4. masukkan ayam satu demi satu sambil dilumuri bumbu dan dipijit-pijit agar bumbu merasuk
5. marinate (diamkan kurang lebih 3-5 jam)
6. atur panggangan pada panas medium
7. beri aluminium foil, lalu tata ayam sambil dilumuri bumbu-bumbu yang masih tertinggal di wadah
8. panggang ayam selama kurang lebih 15 menit, lalu olesi dengan kecap
9. setelah kira-kira agak kecokelatan, balik ayam, olesi lagi dengan sedikit kecap
10.panggang lagi kira-kira 15 menit, lalu matikan grill
11. diamkan sebentar hingga hangat dan siap dinikmati dengan saus pedas atau sambal terasi

  1. September 30, 2009 at 2:05 pm

    Enak mi… Keep the cook spirit with ya!!!

  2. October 15, 2009 at 11:52 pm

    ini rupanya yang sering disebut2 di plurek itu. kalo smisal daging sapi, udah nyobain blm?or mungkin kanguru grilled.😀

    btw, ayahe syifa tambah gemuk nih pastinya,,,hehe
    :mrgreen:

  3. October 16, 2009 at 12:27 am

    daging sapi udah pas diundang BBQan di ultah anak temen😀
    grilled kangguru? so pasti udah, kan kemaren dah cerita…
    tambah gemuk? yg bener aja.. berat badannya sekarang udah kebakar sama assignments yang bejibun…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: