Home > Resep Makanan > How To Make A Pizza

How To Make A Pizza

Potongan PizzaSebelum ke Sydney, saya tidak pernah membuat yang namanya pizza. Beli saja jarang sekali😀 Sekarang begitu di sini, saya tertarik untuk membuat pizza. Salah satu alasannyaadalah karena fasilitas yang sudah tersdia di unit yang kami termpati, yaitu berupa sebuah oven berukuran besar. Tinggal membeli pan pizza dan search resepnya di internet.

Saya banyak mendapatkan resep, namun yang saya coba pertama kali adalah resep keluarga nugraha yang juga tinggal di Australia. Resep itu saya modifikasi sedikit dan hasilnya adalah pizza yang enak dan mudah membuatnya. Berikut resep pizzanya:

Bahan kulit:
2 sendok teh ragi instan
2 sendok teh gula pasir
250 mL air hangat
40 sendok makan tepung terigu (saya pakai plain flour)
2 sendok teh garam

Bahan topping:
saus/pasta tomat
keju parut
topping lain (sesuai keinginan): misalnya bawang bombay (iris kecil kotak), jamur kancing segar (iris tipis), sosis, tuna chunk, nanas, paprika (potong kotak-kotak), dan daun oregano cincang

Cara membuat:
1. campur ragi, garam, dan air hangat dalam satu wadah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit hingga larutan berbuih
2. campurkan tepung terigu dan garam
2. tuang larutan ragi yang telah berbuih ke dalam tepung terigu, aduk-aduk, lalu uleni sampai adonan kalis (kurang lebih 30 menit)
3. siapkan mangkuk besar dan diolesi minyak. Masukkan adonan ke dalam mangkuk, lalu tutup dengan serbet atau plastik. Biarkan selama satu jam sampai adonan mengembang hingga dua kali
5. kempiskan adonan dengan cara meninju dengan satu pukulan di tengah adonan, lalu uleni lagi selama 15 menit
6. siapkan pan pizza yang telah diolesi sedikit minyak, kemudian gilas adonan hingga membentuk lingkaran dengan diameter 30 cm (sesuai dengan diameter pan pizza)
7. tata adonan dalam pan pizza, kemudian beri topping

Urutan pemberian topping:
1. tuangkan pasta tomat dan ratakan hingga ke tepi adonan
2. beri topping lain, lalu tutup dengan keju parut
3. panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang

Nikmati pizza selagi hangat. Selamat mencoba🙂
Pizza Tuna Jamur Maem Pizza

Categories: Resep Makanan Tags:
  1. October 15, 2009 at 11:47 pm

    nanti pulang ke Indo bikin ummusyifa’z pizza aja.. pake sertifikat halal MUI. wah tambah keren nih, mana pernah kita membayangkan ya pas SMA dulu, seorang ummusyifa berkutat di dapur, hehehe

    lanjutkan bu!

  2. October 16, 2009 at 12:22 am

    namanya kemajuan mpok, kalo aku sekarang rajin terjun ke dapur😀
    ummusyifa’s pizza? boljug tuh. Kapan yo buka usaha kuliner dhewe? hehe

  3. LylaRose
    January 6, 2010 at 7:12 pm

    wah, ternyata mudah ya..
    nice info..

    syukran..

    • Ummu Syifa
      January 7, 2010 at 2:06 am

      Sama-sama LylaRose. Makasih ya sudah mampir. Semoga bermanfaat😉

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: