Home > Resep Makanan > Resep Bolu Kukus

Resep Bolu Kukus

Beberapa minggu terakhir ini saya sangat menyukai hobi baru. Ya, membuat kue. Dulu saya tidak pernah mau untuk mencoba-coba membuat kue. Namun karena satu dan lain hal akhirnya saya mau mencoba dan akhirnya menjadi tertarik untuk membuat kue yang lain. Alhasil , sudah tiga jenis kue yang pernah saya coba. Satu di antaranya adalah bolu kukus. Kebetulan Syifa juga sangat suka kue ini. Waktu pertama kali membuatnya, Syifa langsung habis tiga. Berikut ini resep bolu kukus yang ingin saya bagikan kepada para pembaca. Gampang dan pasti jadi kok. Insya Allah anak-anak pasti suka.

Bahan-bahan:

  • telur 3 butir
  • terigu 1/4 kg
  • gula pasir 1/4 kg
  • sprite 1/2 botol kecil
  • pengembang (SP) 1/2 kotak
  • pewarna makanan

Alat yang diperlukan:

  • mixer
  • cetakan bolu kukus
  • kertas alas cetakan
  • pengukus

Cara membuat:

  • masukkan telur dan gula pasir ke dalam wadah lalu kocok hingga mengembang
  • tambahkan SP dan terigu sedikit-demi sedikit, lalu sprite
  • kocok kira-kira 25 menit sampai terbentuk cream yang kental
  • ambil kira-kira setengah mangkuk kecil adonan dan tambahkan beberapa tetes pewarna makanan sambil diaduk agar warna merata
  • masukkan adonan ke dalam cetakan kukus, dan di atasnya tambahkan sedikit adonan yang telah diberi warna
  • adonan jangan sampai terlalu penuh, usahakan pas tinggi cetakan
  • kukus dalam pengukus selama kurang lebih 15 menit
  • angkat, keluarkan dari cetakan, dan sajikan

Resep di atas telah dicoba dan sukses, menjadi sekitar 30 buah bolu kukus. Selamat mencoba🙂

  1. May 10, 2009 at 7:01 pm

    Cantik mi bolunya. Semoga ayah bisa segera nyicipi. Syifa pasti seneng dibikinin bolu sama uminya…

  2. July 27, 2009 at 7:55 am

    assalamualaikum mbak, terima kasih resepnya sangat bagus. tapi mbak gimana klo bikinnya gak pake sprite? ada alternatif lain gak? bisakah mengembangnya bagus juga sama seperti pake sprite, jawabannya ditunggu mbak 😆

  3. endang
    October 10, 2009 at 12:29 pm

    😆 Assalamu’alaikum
    umi, afwan nih qta bukan ngomentari kuenya, tapi mo tahu🙄 kok umi sempat bikin n ngelola blog, bagi tips ngatur waktu donk…:mrgreen:

  4. October 10, 2009 at 5:20 pm

    @endang: ‘alaykumussalam warahmatullah. Ngga ada tips khusus kok mbak. Kalau ada ide di kepala pengennya segera ditulis. Curi-curi waktu aja di sela-sela momong anak😆

  5. April 22, 2010 at 7:43 pm

    Saya minta resep bolu kukus yg mudah.Soalnya aq kl buat udah mengembang setelah d angkat dr panci langsung nyusut buat aq bt

  6. mely
    November 15, 2010 at 8:50 pm

    Hai kak,cantik skali kue bolunya,gue jg pengen bikin,tp kak bisa nggak di kstau,1/2 kotak SP itu kira2 brp gram ya? Tolong di jwb ya kak.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: