Home > Bayi, Parenting, Perkembangan Anak > Ibu, Berikan Hak Bayimu

Ibu, Berikan Hak Bayimu

Saya sering tak habis pikir, mengapa banyak ibu yang tega untuk memberikan susu formula kepada bayinya, padahal si bayi masih jauh dari usia enam bulannya. Bukankah seharusnya bayi punya hak untuk menyusu ASI eksklusif, bahkan sampai usianya dua tahun? Hal tersebut telah dijelaskan dalam Al Qur’an, yaitu bagi para orang tua yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Saya mempunyai dua kakak sepupu, keduanya baru saja dikaruniai bayi mungil yang lucu. Namun sayang, dua-duanya pula tak memberikannya ASI eksklusif. Kakak tertua beralasan bahwa bentuk putingnya terbalik, sehingga si kecil susah menyusu. Kalau terlalu lama ngga dapat ASI, katanya bayinya akan marah dan menangis. Kakak ke dua bilang, ASInya keluar sedikit, jadi ia “terpaksa” menyambung dengan susu formula, meski si bayi masih berusia empat bulan.

Rhrhrh saya sedikit geram mendengar cerita keduanya. Tapi mau berbuat apa? Toh mereka sudah menjadi ibu bagi anak-anaknya masing-masing. Saya tak berhak mencampurinya. Saya hanya sempat menyesalkan perbuatan kedua kakak saya itu.

Berkaitan dengan hal ini, ijinkan saya menguraikan sedikit ilmu yang saya dapat dari buku bacaan saya.
Pertama, tentang bentuk puting. Para ibu yang baik, janganlah bersedih bila puting anda tidak menonjol. Beberapa ibu memang mempunyai puting dengan kondisi terbalik. Tenang saja, teruslah menyusui bayi anda meski puting masih terbalik. Semakin banyak disusu, puting akan menonjol dengan sendirinya. Tega saja seandainya bayi menangis, toh itu demi kebaikannya juga kok. Yang penting terus menyusu. Insya Allah lama-lama nanti puting akan menonjol sendiri dan bayi akan merasa puas menyusu.

Ke dua, berikan ASI meski belum keluar. Pengalaman saya dulu, ASI baru keluar setelah tiga hari melahirkan. Namun tetap, sesaat setelah lahir, bayi harus langsung menyusu. Jangan berdalih ASI ngga lancar, lalu menggantinya dengan formula. Kasihan si kecil… Berikan saja ASI anda, nanti lama-lama juga akan banyak. Tentu saja ibu harus makan banyak dan juga minum susu agar ASI tetap lancar.

Nah, para ibu yang baik, tetaplah menyusui ASI eksklusif dan teruskan hingga usia anak anda dua tahun.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

