Home > Tips & Trik, Wordpress > Plugin Blogku

Plugin Blogku

Beberapa waktu lalu saya pernah menjanjikan untuk menulis tentang plugin yang saya pakai di blog ini. Nah, sekaranglah waktunya untuk menuliskannya.

Plugin menurut total.or.id artinya adalah program tambahan untuk browser atau program lainnya yang digunakan untuk memperbanyak fungsi program utama tadi (browser misalnya). 

Banyak sekali plugin yang tersedia di wordpress.org yang dapat diunduh dengan gratis. Namun, saya memilih beberapa yang kira-kira penting saja. Sebagaimana sebuah rumah, plugin adalah perabotannya, kata Pak Edi. Kalau demikian, jika terlalu banyak perabotan yang dipajang di ruang tamu, misalnya, maka akan membuat rumah kelihatan tidak indah. Pengennya menarik malah jadi sumpek. Begitu juga dengan sebuah blog. Kebanyakan plugin yang dipakai malah mengurangi kenyamanan visitor saat mampir ke blog kita.

Ok, berikut ini saya uraikan secara singkat plugin yang saya pakai di blog ini:

One Click Installer

Menurut saya, plugin ini merupakan plugin pertama yang wajib diinstall. Dengan plugin ini kita dapat dengan mudah menginstal plugin-plugin yang lain serta theme baru hanya dengan sekali klik saja, sesuai dengan namanya.

Wp-easy uploader

Plugin ke dua yang (bagi saya) tak kalah wajibnya dengan plugin pertama. Dengan plugin ini, kita dapat dengan mudah meng-upload gambar-gambar yang akan kita posting ke blog. Ngga cuma gambar, file-file lain semacam pdf atau doc juga bisa kok. Kalau mau bisa diunduh di sini.

StatPress

Plugin ini memungkinkan kita untuk mengetahui statistik pengunjung, mulai dari jumlah hits per hari, halaman atau tulisan apa saja dan berapa kali diakses, dengan browser apa pengunjung mengakses situs kita, dari mana mereka mendapat alamat blog kita, dan masih banyak lagi. Plugin ini juga bisa dipasang sebagai widget yang dapat menampilkan hits per hari maupun total pengunjung yang datang ke blog kita. Selain itu, StatPress juga bisa menampilkan tulisan yang paling banyak dibaca oleh pengunjung (most popular post) yang juga bisa dipasang pada widget.

Recent Post

Plugin yang berfungsi untuk menampilkan tulisan-tulisan terbaru di blog. Jumlahnya bisa diatur sendiri.

Recent Comment

Sesuai dengan namanya, plugin ini berguna untuk menampilkan komentar-komentar terbaru dari pengunjung. Jumlahnya juga bisa diatur sendiri.

Highlight Author Comment

Untuk membedakan komentar pengunjung dan komentar pemilik blog, plugin ini bisa sangat membantu. Pada tab highlight author comment, kita dapat menambahkan kode CSS yang kita inginkan untuk ditampilkan saat kita memberi komentar ke tulisan, sehingga penampilan komentar kita akan berbeda dengan komentar pengunjung. Misalnya, dengan menambahkan kode berikut: background: #D90000; akan menjadikan warna dasar pada komentar pemilik blog menjadi merah, sedangkan misalnya untuk pengunjung lain adalah putih, sehingga dapat kelihatan mana komentar pengunjung dan mana komentar pemilik blog. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat form komentar di blog ini.

Wp-gravatar

Plugin ini memungkinkan kita untuk menambahkan gambar atau foto dalam form komentar. Gambar akan tertampil sebelum atau sesudah isi komentar kita (tergantung pengaturan di form komentar). Dengan menginstall wp-gravatar, komentar terbaru pun juga dapat kita tampilkan foto atau gambar dari si komentator. Contohnya ada di sidebar blog ini. Plugin ini bisa diunduh di sini.

Wp-Grin

Anda tahu emotikon? Itu lho, smiley icon seperti yang ada di Yahoo Messenger. Dengan Wp-grin, pengunjung akan dimudahkan dalam memberi komentar ketika dia menghendaki untuk menambahkan smiley icon. Jadi, mereka tinggal klik gambar saja dan tidak perlu mengingat-ingat kode smiley yang -untuk kasus ini- berbeda dengan kode smiley icon di YM. Kalau tertarik, Anda dapat mendownload plugin tersebut di sini. Jika sudah terinstall, form komentar akan tampak seperti ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anti-Spam Word

Plugin ini pernah saya singgung di postingan lalu. Kalau lupa, silakan dibuka ya hehe. Plugin bisa diunduh di sini dan akan tampak di form komentar seperti berikut.

 

 

 

 

Aksimet

Plugin ini merupakan bawaan dari wordpress yang bertugas sebagai anti spam. Plugin ini sudah secara otomatis terinstall, hanya saja Anda memerlukan API key untuk mengaktifkannya. API key bisa didapat dengan mudah. Kalau Anda telah memiliki sebuah blog di wordpress.com, maka API key ini bisa ditemukan pada Your Profile di tab Users. Kalau belum, silakan sign up aja di wordpress.com untuk mendapatkan API key.

Hello Dolly

“This is not just a plugin, it symbolizes the hope and enthusiasm of an entire generation summed up in two words sung most famously by Louis Armstrong.” begitu yang dibilang oleh Mr. WordPress. Hello Dolly juga otomatis terinstall di wordpress dan akan terlihat di bagian dashboard (pojok kanan atas) seperti pada gambar berikut.

 

 

Nah, demikian ulasan singkat tentang plugin yang saya pakai. Mungkin tiap blogger berbeda selera dalam menggunakan plugin, yang jelas gunakanlah plugin secara efektif agar dapat memberikan manfaat yang maksimal.

  1. December 12, 2008 at 3:14 pm

    Makasih telah diceritakan tentang plugin-plugin yang penting untuk digunakan di dalam blog.

  2. December 28, 2008 at 2:41 am

    thks infonya keren dan salam kenal🙂

  3. December 30, 2008 at 11:52 am

    @ Pak Edi dan Juju, makasih kembali🙂

  4. guswib
    January 10, 2009 at 7:46 pm

    salam kenal, kalo ada waktu silakan dolan ke blog saya di http://www.shalatkhusyu.wordpress.com
    nuwun

  5. January 12, 2009 at 10:17 pm

    :mrgreen: thanks banget atas infonya.

  6. January 12, 2009 at 10:26 pm

    dimana saya bisa download plugin-plugin tersebut

  7. January 13, 2009 at 9:38 am

    @mubon, terima kasih atas kunjungannya.
    Plugin-plugin wordpress bisa diunduh di http://wordpress.org/extend/plugins

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: