Home > Tips & Trik, Wordpress > Menambah Form Komentar Pada Halaman Blog

Menambah Form Komentar Pada Halaman Blog

Tidak semua wordpress template memiliki form komentar di setiap page-nya. Salah satu yang tidak memilikinya adalah template blog yang saya pakai ini, yang hanya mempunyai form komentar pada halaman di setiap postingan saja. Namun sekarang setiap page yang akan saya buat pasti ada form komentarnya, misalnya yang telah ada di blog ini adalah halaman about. Sebelumnya, pada halaman tersebut tidak ada form komentarnya, sehingga tidak memungkinkan pengunjung untuk berkomentar (kalau ada yang tertarik untuk komentar😀 ). Perubahan ini dapat terjadi setelah saya mengikuti tutorial dari sebuah blog hasil pencarian di goolge.

Ternyata sangat mudah untuk menambahkan form komentar pada page, hanya butuh menyisipkan sedikit kode saja. Baiklah, saya akan menuliskan ilmu yang telah saya dapatkan beberapa waktu lalu.Pertama, buka theme editor blog Anda dan cari file single.php kemudian temukan kode berikut:

<?php comments_template(); ?>

Jika kode tersebut diapit oleh tag <div></div>, maka copy saja berikut tag “div” nya, menjadi seperti ini: 

<div><?php comments_template(); ?></div>

atau bila terdapat kode lain yang mengikuti kode awal, masukkan juga, karena setiap template mempunyai kode sendiri-sendiri, seperti misalnya pada template yang saya pakai ini, saya copy kode keseluruhan sebagai berikut: 

<!–include comments template–>

<?php comments_template(); ?>

Jika sudah ketemu, copy ke notepad dulu. Lalu buka file page.php dan paste kode tadi di bawah kode berikut <?php endwhile; endif; ?> sehingga secara lengkap menjadi:

 

<?php endwhile; endif; ?>

        <!–include comments template–>

<?php comments_template(); ?>

 

Setelah itu, save file page.php dan tengoklah tiap page di blog Anda. Simsalabim… form komentar sekarang sudah muncul. Tertarik untuk mencoba? Silakan… Semoga bermanfaat.

  1. yoyonaja
    February 1, 2009 at 3:38 am

    hhh… bermanfaat banget,trims😉

  2. September 10, 2009 at 1:54 pm

    makasih ya infonya, saya mau coba dulu ah…

  3. October 9, 2009 at 10:42 pm

    Itu kalo mau nampilin komen pd page,yang saya bingung pd blog saya gemana cara nambah posting pada page apakah setiap template juga berbeda2 soale saya mau nambah posting di page g bisa
    Bisanya cuma edit aja,bingung ni,kalo boleh jawab ke email aja
    rizdan.creative@gmail.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

