Home > Islam > Arti Penting Sebuah Nama

Arti Penting Sebuah Nama

“Apalah Arti Sebuah Nama”

Pernah mendengar sepenggal kalimat tersebut? Kalimat itu terlontar dari seorang pujangga Inggris, William Shakespeare. Kalimat yang mengesankan bahwa nama itu tidak penting, tidak bermakna, dan si empunya bahkan tak peduli dengan nama yang disandangnya. Setujukan Anda dengan pernyataan itu? Hmm kalau saja Shakespeare pernah membaca buku -yang akan saya singgung di bawah- pasti dia akan menyesal telah mengatakannya😀

Beberapa waktu lalu saya mendapat sebuah sms dari seorang teman. Waktu itu jam sembilan malam. Awalnya dia say hello, lalu menanyakan pada saya, apakah saya mempunyai referensi nama untuk bayi laki-laki atau perempuan. Dia menambahkan bahwa saat itu dia sedang bingung membantu mencarikan nama islami untuk bayi kakaknya yang sebentar lagi akan lahir. HPLnya (Hari Perkiraan Lahir) maju jauh, sedang saat itu sang kakak sudah bukaan tiga.

Saya memutar otak, kemudian memberikan balasan sms berupa sejumlah nama bayi perempuan, berikut artinya (karena dulu sempat dikasih tahu bahwa hasil USG menunjukkan sang bayi berjenis kelamin perempuan).

Nabilah = cerdas, Aqilah = berakal, Azizah = mulia, Tsabitah = teguh, Najwa = Rahasia, atau Syifa? Artinya obat.

Tampaknya nama-nama yang saya rekomendasikan tidak begitu membantu. Dia bilang bahwa keluarga dan tetangganya sudah punya nama itu semua. Dia pun menutup obrolan via sms malam itu. Hehe. Ya sudahlah, sms saya balas dengan ucapan semoga sang kakak diberikan kemudahan dalam melahirkan.

Berbicara soal nama, Islam telah menganjurkan untuk memberikan nama-nama untuk bayi berupa nama-nama yang baik, indah, dan bermakna. Dalam hal ini, ayahlah yang berkewajiban untuk memberikan nama yang baik untuk anaknya. Bahkan, jika nama yang diberikan tidak baik, hadits menganjurkan untuk mengganti nama-nama yang buruk menjadi nama yang baik.

Dari Aisyah diriwayatkan bahwa dia berkata, “Rasulullah pernah mengganti nama yang buruk menjadi nama yang baik.” (HR. Tirmidzi)

Hakikat sebuah nama, menurut Bakr Abdullah Abu Zaid dalam bukunya “Nama Terbaik Untuk Buah Hati”, adalah tanda pengenal dan simbol baginya yang membuatnya bisa dibedakan dari lainnya karena kemuliaannya sebagai manusia muslim. Beliaupun menegaskan arti penting sebuah nama, yaitu bahwa:

Nama adalah tanda bagi yang diberi nama itu. Jika sebuah buku dibaca dari judulnya, maka keyakinan dan arah kehidupan seorang bayi dibaca dari namanya. Bahkan juga dibaca dari keyakinan orang yang memilihkan nama untuknya dan jarak pandang mata batinnya serta konsepsinya.

Membaca buku tersebut seperti memberikan petuah yang lengkap kepada kita tentang arti penting sebuah nama, sehingga kita dapat memilihkan nama-nama yang terbaik untuk buah hati kita. Dalam penjelasan buku tersebut (setelah menguraikan esensi sebuah nama), ada dua syarat yang harus dipenuhi agar nama yang diberikan dapat sesuai dengan syariat, yaitu:

 

  1. Berbahasa Arab, sehingga mengecualikan semua nama yang ‘ajam (non Arab), nama adopsi, dan nama asing yang telah masuk ke bahasa Arab.
  2. Bentuk nama itu baik, menurut kata maupun artinya dalam pandangan-pandangan etimologi maupun terminologi agama.

 

Dengan syarat tersebut, maka akan mengecualikan setiap nama yang diharamkan atau dimakruhkan, baik kata, arti, maupun kedua-duanya. Lalu yang tidak kalah penting adalah tata cara pemberian nama itu sendiri, yaitu:
  1. Berusaha untuk memilih nama yang paling terpuji
  2. Sebisa mungkin meminimalisir jumlah huruf
  3. Memperhatikan kemudahan dalam mengucapkannya
  4. Memperhatikan nama yang mudah didengar oleh orang lain
  5. Memperhatikan aspek kesesuaian, sehingga nama tersebut tidak keluar dari nama-nama yang sesuai untuk kelas, agama, dan derajatnya.
Untuk lebih jelasnya, ada baiknya membaca buku tersebut. Ngga bakal rugi deh, malah menambah pengetahuan baru. Nah, bagi yang mau punya momongan, siapkanlah nama-nama terbaik untuk buah hatinya. Semoga bermanfaat.
Categories: Islam Tags: ,
  1. syifa
    December 10, 2008 at 8:55 pm

    begitu ya….

  2. December 10, 2008 at 9:04 pm

    Ya begitu…🙂

  3. ayu
    October 22, 2011 at 12:19 pm

    ijin copas ya🙂
    makasih buat infonya🙂

  4. azizah nurfiah
    October 23, 2011 at 9:02 pm

    bu tolng kasih tw ap arti nama alexander shota pertama

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: