Home > Internet, Tips & Trik, Wordpress > Absolute Path VS Relative Path

Absolute Path VS Relative Path

Saya memang bukan orang komputer, jadi begitu mendengar istilah seperti pada judul di atas tentu saja saya mengernyitkan dahi. Padahal istilah tersebut harus saya pecahkan. Saat itu saya bingung karena tidak bisa mengupload sebuah gambar di postingan menggunakan menu Add media. Saya sudah mencoba dengan dua cara, baik melalui source image yang saya dapat dan juga melalui file yang ada di komputer. Ketika saya mengupload dari file di komputer, muncul pesan Forbidden. You don’t have permission to access /wp-admin/media-upload.php on this server. Lalu saat saya mengupload gambar dari alamat URL sebuah website, pada source terlihat tanda silang dan tombol insert to post otomatis tidak aktif.

Saya sampai pada tahap setengah menyerah, lalu teringat akan plugin yang sudah saya install, wp-easy uploader. Wah, pakai ini saja, pasti bisa, pikir saya waktu itu. Dan memang, gambar berhasil masuk ke folder wp-content. Selanjutnya saya coba untuk masuk ke halaman write lagi dan memasukkan gambar ke postingan dengan cara mengetikkan secara manual pada tampilan HTML. Sukses, gambar tertampil di postingan. Langsung saja saya klik publish. Oops! Ternyata saya tak menduga akan muncul pesan forbidden lagi, namun kali ini saya tidak diperkenankan untuk mengakses /wp-admin/post.php. Waduh, apa yang salah kali ini? Saya coba untuk googling, siapa tahu ada jalan keluarnya. Saya juga sempat mengubah file permission untuk file-file yang “bermasalah”. Namun tetap saja, pesan forbidden selalu muncul.

Suatu kali saat googling, saya menemukan sebuah situs milik seseorang, kalau tidak salah menggunakan hosting di ugm juga. Namun saya lupa alamat lengkapnya. Di situs tersebut saya menemukan seorang pengunjung yang menanyakan tentang sebuah masalah, persis dengan yang saya alami waktu itu. Dia selalu menemukan pesan forbidden saat mempublish postingan dengan gambar. Lalu oleh pengunjung lain, pertanyaan itu dijawab dengan sebuah solusi, menggunakan relative path. Wah, ini dia jalan keluarnya. Tapi, relative path itu apa? Saya bertanya-tanya sendiri. Sampai pertanyaan ini terjawab ketika saya ngobrol dengan mbak Inung di YM. Dia, yang sarjana komputer, menjelaskan tentang apa itu absolute maupun relative path. Jawabannya waktu itu kurang lebih intinya bahwa absolute path adalah alamat URL yang ditulis utuh. Misalnya saja saya mempunyai file gambar.jpg di folder wp-content, maka ablolute path-nya adalah http://nurv3.web.ugm.ac.id/wp-content/gambar.jpg. Tentu saja alamat itu ada karena saya telah mendapatkan hosting gratis dari ugm. Kemudian, relative path-nya adalah /wp-content/gambar.jpg. Sebelumnya dia sempat menyuruh saya membuka tab miscellaneous pada halaman setting. Di sana ternyata pada opsi store uploads in this folder terdapat tulisan wp-content, sehingga dia menyuruh saya memasukkan relative path seperti di atas.

Dengan antusias, kucoba mengikuti saran darinya dan kumasukkan relative path pada kolom source. Dan… bingo! Kulihat tanda check di situ. Otomatis tombol insert to post sekarang sudah aktif. Saya kilk, dan gambar berhasil masuk. Lalu ketika saya klik tombol publish, sistem mau mengupdate postinganku. Yup. Finally… Sekarang saya puas karena telah berhasil memecahkan persoalan ini. Terima kasih buat mbak Inung atas ilmunya🙂

  1. December 1, 2008 at 10:17 pm

    gimana udah ketemu struktur permalinknya ummu syifa? mengubah file permission cukup dengan menceklis semua pada properties,untuk chmod mengubah file permission menjadi writable biasanya dengan chmod 0755, bukan 666. Kalo kurang jelaskan silahkan googling lagi atau coba liat di codex wordpress di http://codex.wordpress.org/Changing_File_Permissions

    Semoga bermanfaat🙂

  2. December 1, 2008 at 10:50 pm

    OK. Makasih sarannya. Perlu belajar lebih banyak lagi nih🙂

  3. September 5, 2009 at 3:14 am

    Makasih masukannya….bner sekali,setelah aku ganti file permissionnya menjadi 0755,,,langsung terlihat tuh website q…sekali lg makasih bnget masukannya ya..jazakalloh..😆 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

