Home > Tips & Trik, Wordpress > Anti-Spam Word: Ngusir Spam Sambil Belajar English

Anti-Spam Word: Ngusir Spam Sambil Belajar English

Spam atau junk mail seperti ditulis di forum kaskus, artinya adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain.

Di sini saya akan membahas tentang spam blog dan cara penanggulangannya. Spam blog umumnya masuk dalam komentar. Hal ini akan membuat tampilan blog menjadi tidak indah, terlebih biasanya beberapa spam datang dengan bertubi-tubi, membawa URL yang tidak penting. Dikatakan tidak penting karena ia sama sekali tidak berhubungan dengan postingan kita.

Spam yang mengganggu ini bisa kita usir dengan plugin anti spam. WordPress biasanya telah dilegkapi dengan plugin anti spam, yaitu Aksimet. Namun plugin ini meski sudah diaktifkan tetap tidak bisa dijalankan jika tidak memasukkan API key. Apa itu? API key ini adalah kunci yang bisa mengaktifkan Aksimet agar bisa berfungsi sebagai pengusir spam. Cara mendapatkannya cukup mudah. Jika anda memiliki akun di wordpress, cobalah buka halaman Users dan klik pada Your Profile. Di sana akan tampak sederetan huruf dan angka. Itulah API key. API key ini bisa anda copy dan langsung paste di tempat yang diminta untuk memasukkan API key. Nah, setelah ada pernyataan aktif, barulah Aksimet bisa berfungsi. Namun suatu saat saya googling, ternyata ada yang tidak puas dengan kerja Aksimet, karena saking “canggihnya” (dalam seminggu bisa menangkap ribuan spam), kadang-kadang komentar yang bukan spam pun ikut terjaring. Wah, kalau begitu malah mindon gaweni (nambah kerjaan). Saya belum tahu pasti kebenarannya, karena selama ini tidak pernah menemukan ribuan spam di blog saya. Jadi, menurut saya, Aksimet masih OK kok.

Lalu mengapa pake anti spam word?

Keinginan untuk memakai anti-spam word muncul setelah masuk ke sebuah blog yang mengharuskan mengetik rangkaian huruf yang tertampil di kotak sebelum berkomentar, untuk menunjukkan bahwa komentar bukan spam. Saya kemudian googling dan menemukan anti-spam word yang bagus. Bagus, karena anti-spam ini dwifungsi, bisa nangkep spam sekaligus ngajari saya vocab inggris. Jika huruf pada kotak tersebut diklik, maka otomatis PC kita akan mendownload sebuah audio file yang akan melakukan spelling huruf tersebut. Seperti misalnya pada kata berikut,

Setelah audio file dibuka dengan program winamp, misalnya jika pada kotak tertulis kata-kata “rent”, maka akan terdengar kata-kata berikut:

r for rabbit, e for elephant, n for norway, t for telephone, yang diulang terus.

Hmm… asyik juga plugin yang satu ini. Bisa buat latihan bahasa Inggris juga. Maklum, bahasa Inggris saya masih masuk kategori menyedihkan :p Kalau mau Anda bisa mencobanya dengan mengakses halaman komentar pada tulisan ini, serta merefresh lagi untuk mendapatkan kata-kata baru.

Ok, terarik dengan plugin anti-spam word dwifungsi? Klik di alamat ini untuk download. Selamat mencoba…

  1. February 6, 2009 at 5:19 pm

    wah wah bagus juga nih plugin cb pake ah , thx ya lam kenalšŸ˜€

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: