Home > Permainan Edukasi > Dunia Anak, Dunia Bermain Sambil Belajar

Dunia Anak, Dunia Bermain Sambil Belajar

Membaca judul tersebut, seolah-olah anak telah dituntut untuk belajar pada usia kecilnya. Usia yang kata orang adalah usia bermain. Bagi saya, jika bisa bermain sambil belajar mengapa tidak? Di sinilah orang tua yang punya peran penting dalam memilihkan permainan untuk anak, agar tak melulu hanya menjadikan dia kecanduan bermain tanpa ada sesuatu yang dia dapatkan.

Sekarang ini, hampir di setiap rumah telah terkoneksi dengan internet. Otomatis informasi apa pun dapat dengan mudah diakses. Tak terkecuali tontonan untuk si buah hati. Daripada si anak hanya disuguhi film-film kartun yang tidak “berisi” dari internet atau nonton video-video menyanyi anak yang kurang “bergizi”, alangkah baiknya anak-anak kita ajak bermain sambil belajar. Insya Allah akan lebih bermanfaat.

Beberapa waktu lalu saya menemukan sebuah link menarik dari seorang teman. Setelah saya buka, ternyata isinya adalah berbagai game edukasi untuk anak-anak. Anda bisa melihat skrinsutnya di gambar atas. Alamat situsnya di http://starfall.com

Di website tersebut, terdapat beberapa tools untuk memudahkan anak belajar membaca. Isinya menarik, penuh dengan animasi yang disukai anak-anak. Untuk menggunakannya si anak wajib didampingi orang tuanya untuk membantu mengklik perintah-perintah yang ada dalam game-game edukasi tersebut, serta tentu saja untuk membimbing si anak harus bagaimana.

Syifa, anak saya sudah saya perkenalkan pada tahap mengenal alphabet. Alhamdulillah, sejauh ini dia bisa berdiam duduk lama melihat pelajaran yang diberikan, serta mematuhi setiap perintah yang saya arahkan. Dia juga akan spontan menirukan pengucapan huruf-huruf yang ada di sana. Tak perlu menghafal. Tujuan awal di sini adalah agar anak gemar membaca. Biarkan si anak betah dulu dengan apa yang dia lihat. Nanti tanpa disadari, dia sudah belajar membaca tahap awal, yaitu mengenal alphabet, walau dalam pengucapannya menggunakan bahasa Inggris. Waktunya pun tak perlu lama, tergantung keinginan si anak. Jika si anak sudah merasa jenuh, ajak dia untuk refreshing dengan hal lain, bisa bermain dengan mainannya atau sekedar memainkan puzzle miliknya :)

Game lainnya berupa pelajaran membaca dari mulai dua huruf hingga yang berbentuk buku cerita dengan animasi di setiap lembarnya. Bagus sekali. Tentu saja untuk mendapatkan hasil optimal harus disesuaikan dengan usia si anak. Untuk usia Syifa (dua tahun) tentu dia belum dapat membaca sendiri. Anda bisa menceritakan isi buku tersebut dengan suara yang mengalir serta menunjukkan gambar yang dimaksud. Dengan begitu, anak akan belajar mendengarkan.

Silakan mencoba, mudah-mudahan anak Anda suka :)

About these ads
  1. DANISH
    March 2, 2010 at 8:10 pm

    Salam.. Saya penerbit dari malaysia.
    Bisa kami kerjasama? harap dapat emailkan tentang kerjasamanya.. dhaneya@gmail.com

  2. March 2, 2011 at 6:27 pm

    seneng liat blognya umi…

  3. October 18, 2011 at 2:49 pm

    Haii… salam kenal…menarik sekali artikel anda dan blognya juga keren
    saya pencipta lagu anak dan penulis artikel yang berhubungan dengan dunia anak-anak.
    Saya juga punya blog yang berisi lagu2 ana ciptaan saya, dan banyak artikel tentang
    parenting tips, pendidikan kreatif, dongeng pendidikan, dan masih banyak lagi.
    silakan berkunjung ke blog saya

    Kak Zepe

    oh iya..bila berkenan, mari bertukar link..

  4. chelsea is princess!
    September 5, 2012 at 6:36 pm

    SERU abizzzzzz

  5. November 6, 2012 at 9:16 am

    Salam Kenal.. terimakasih info bagusnya.. :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: