Home > Resep Kue > Donat Panggang Praktis

Donat Panggang Praktis

Jika mendengar kata donat, pasti sudah terbayang roti bundar dengan bagian tengah yang berlubang, dihias dengan topping yang menarik dan lezat dinikmati oleh semua kalangan. Namun banyak pula donat yang lantas dibuat bundar saja, tanpa lubang di tengah. Bagian dalamnya bisa diisi dengan cokelat atau di”suntik” dengan selai.

Donat yang selama ini ada, biasa dibuat dengan proses digoreng. Saya pernah mencobanya, tetapi selalu terbentuk donat yang banyak minyaknya. Untuk mendapatkan donat hasil gorengan dengan sedikit minyak, tentu tidak mudah. Apalagi bila sudah didiamkan agak lama, donat yang digoreng akan mengeluarkan minyak lebih banyak.

Alternatif baru donat yang lebih sehat adalah donat yang pembuatannya dilakukan dengan proses dipanggang. Bahan dan caranya relatif tidak beda, hanya proses akhirnya dipanggang. Berikut saya akan bagikan resep donat panggang yang sangat praktis dan mudah untuk dicoba di rumah. Saya tuliskan resep asli yang saya dapat, kemudian saya tambahkan resep versi saya yang ditulis di dalam kurung.

Bahan-bahan:

½ kg terigu
½ bks ragi instan 11 gram (saya memakai takaran 2 sendok teh)
200 cc air HANGAT
3 sdm mentega
4 sdm gula pasir (saya menambahkan menjadi  5 sendok makan)
2 sdt garam
2 butir telur
3 sdm susu bubuk

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk berukuran besar. Kocok 2 butir telur dengan sendok saja sampai terkocok rata.

2. Masukkan gula pasir, garam, susu, mentega, dan terigu. Lalu aduk rata.

3. Campurkan ragi di dalam air hangat lalu aduk rata sampai semua ragi larut.

4. Masukkan larutan ragi ke dalam adonan, lalu aduk-aduk.

5. Uleni adonan hingga kalis, kemudian bentuk bulatan besar dan diamkan dalam wadah tertutup (bisa dengan serbet atau cling wrap) sekitar 1 jam hingga adonan mengembang sekitar 2x.

6. Ambil adonan 1 sdm dan bulatkan, bentuk lubang di tengah.

7. Lakukan hingga adonan habis dan diamkan 20 menit hingga bulatan adonannya kelihatan mengembang.

8. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius, lalu panggang donat selama 15-20 menit hingga permukaan donat terlihat agak kecokelatan.

9. Setelah matang bisa ditambahkan dengan topping kesukaan anda atau ditabur dengan gula halus.

Hasilnya adalah donat empuk yang bebas minyak. Tertarik untuk mencoba?

About these ads
Categories: Resep Kue Tags:
  1. Anita
    February 2, 2010 at 11:16 am

    Hehehe…kenapa g dibentuk kayak bakpao aja mi? Kan lubang nya itu tetep ketutup hehehe

    • February 2, 2010 at 11:20 am

      Udah, sebagian tak bentuk bulet aja (tanpa dilobangi), sebagian lagi dilobangi tapi jadi buntet :D Hasilnya bagusan yang dilobangi dan jadi buntet :D

  2. ade
    February 22, 2010 at 3:12 pm

    mbak….dalam satu resep jadinya berapa banyak?? aku lagi coba2 segala resep donat nih….makasih jawabannya

    • Ummu Syifa
      February 22, 2010 at 5:36 pm

      kira-kira untuk segenggam kecil adonan bisa jadi 30 donat

  3. emma
    March 8, 2010 at 8:33 pm

    Alhamdulillah, kali ini, bisa ikut komen.

    Ga punya oven je…diapain dong :D
    tp dulu aku pake fermipan, hasilè lumayan ga berminyak dan lebih lembut di lidah :D

    • Ummu Syifa
      March 9, 2010 at 10:10 am

      Loh lha emange dulu ngga bisa komen kenapa? :D
      Btw di sini jg ada fermipan, cuma udah terlanjur beli yang merk ostrali :lol: Lembut ato tidaknya kan tergantung adonan keseluruhan to Em, ga cuma faktor ragi yg dipake. Kalo donat goreng yg ngga berminyak aku belum pernah berhasil buat :D
      Kalau ngga punya oven listrik ya pake yg manual kan juga bisa, cuma aku ngga tau juga ngatur suhu dan lama waktunya, karena belum nyoba :D

  4. Novi
    September 25, 2010 at 9:57 am

    Jeng, terigunya mesti khusus nggak? thanks

    • Ummu Syifa
      September 25, 2010 at 11:28 am

      terigu biasa aja kok mbak :)

  5. jeng yanti
    October 23, 2010 at 11:58 pm

    Jeng, yg aku tahu, kalo menggoreng donat dgn minyak beku hasilnya pasti ndak berminyak & donatnya spt yg ada di gerai2 donat terkenal lho

    • Ummu Syifa
      October 26, 2010 at 5:24 am

      oh ya, sy pernah jg diberitau tp blm pernah mencoba. Kalau mbak pernah nyoba bisa share di sini :-)

  6. Imam
    May 20, 2011 at 3:57 pm

    Sori banget nih, numpang kmen dikit. Kalo dipanggang itu kan jadi roti namanya, bukan donat. Yang namanya donat itu, proses pematangannya mesti digoreng. Nah, kalo dikukus…. bakpao namanya… :-)

    Berbagi sedikit tips, supaya donat tidak berminyak seperti yang disampaikan di atas.
    Pertama, adonan harus benar2 kalis dan suhu adonan jangan lebih dari 28 derajat celcius.
    Kedua, disini kita bekerja berpacu dengan yeast (ragi). Nah, jangan sampai kita kalah cepet sama kerja ragi.
    Ketiga, waktu penggorengan harus tepat. Artinya jangan sampai adonan over proof atau belum cukup mengembang.
    Keempat, suhu minyak harus tepat yaitu sekitar 180 derajat celciius.
    Kelima, cara menggoreng harus benar. Untuk donat cukup dibalik satu kali. Tunggu sisi pertama matang lalu balik dan tunggu sisi berikutnya matang.
    Keenam, dan ini faktor tambahan aja, gunakan minyak goreng padat.

    Dijamin donat pasti lembut dan tidak berminyak….

    Selamat mencoba…

  7. June 14, 2011 at 9:19 pm

    mbak, nanya dong. ragi kalo kena aer panas/anget emang bisa ya? seinget saya ragi anti sama garam, aer panas/anget (cmiiw) maaf mbak kalo saya salah :)

    • Ummu Syifa
      June 15, 2011 at 9:30 am

      ragi + air hangat tidak apa-apa mbak. Kalau sudah berbuih baru dicampur dgn adonan lainnya termasuk garam.

  8. September 6, 2011 at 5:01 pm

    Untuk membuat donat tak berminyak, gunakan minyak padat dan dicampur dengan minyak sayur biasa ( minyak yg masih baru ).perbandingannya bisa 1:1 atau 1:2 ,minyak padat satu bagian, 2 bagian minyak sayur. Donat tidak berminyak lagi dan kering.

  9. hana
    December 5, 2011 at 9:45 am

    Mba’,kl mo buat donat isi gmn crnya? Mksh ya

  10. rien
    December 12, 2011 at 9:36 am

    mbk minyak padat itu yg kayak gmn??
    maaf klo tanya nya agak ndeso soalnya emg ndk ngerti dari pada salah kan mending tanya soalnya setiap ak bikin donat kok ndak pernah berhasil ya?? klo digoreng pasti jdnya ngimpes ndak isa mengembnag dan minyak banyak trus pernah ak coba panggang tapi hasilnya malah kayak roti gitu dan bawahnya jd ada semacam kerak kalau ngembang sih emang ngembang dibandingkan yg digoreng tapi kok hasil ndak seperti donat2 yg biasa kita makan yaK.. minta tolong infonya dong mbk, makasih sblmnya :-)

  11. May 6, 2012 at 7:14 pm

    aku dulu pernah nYoba. Yang ada malah lebih mirip roti. :D
    temen-temenku di kampus malah pada ngotot bilang donat Yang aku panggang itu roti bukan donat. pacar juga bilang gitu.
    -______-“

  12. Mommy
    June 5, 2012 at 12:26 pm

    Mbaak thank u resepnya sudah aku coba dgn bentuk bulat n dtambahin chocolate chips. Orang rumah pada seneng. Thank u for sharing

  13. suwarsih
    July 24, 2012 at 7:01 pm

    mbk…sy itu buat donat untk dijual ke sekolah skolah … tp sllu hslnya kurang memuaskan… kdang keras kdng empuk… trus sllu berminyak… jadi ga bs stabil gitu… sbnrnya sy pingin buat donat oven… tp takut gagal jg… pdahal sy sdh hmpir 1th bisnis donat ini. tp kok hsilnya krg memuaskan. piye caranya mbk?

  14. Owiend
    October 4, 2012 at 11:44 am

    Saya tertarik dan ingin mencobanya

  15. novita lunov
    October 24, 2012 at 8:55 am

    mbak, tu ntar teksturnya kyak dunking dunut ya? cz q pngen bngt buat yg kyak gitu.soalnya q pling gk suka donat goreng. yg bnyak minyak gitu.

  16. ala chef
    October 24, 2012 at 5:38 pm

    itu jadi berapa potong gan?

  17. November 12, 2012 at 6:23 pm

    Assalamualaikum mbak. maaf saya baru belajar masak nih.. pemula banget!!
    adakah saran untuk saya supaya dapat membuat donat dengan baik?
    makasih

  18. Mayalee Hassan
    December 30, 2012 at 8:11 pm

    Wow perlu dicoba neeh… Oil free, thanks yaaa mbak

  19. abu aisyah
    February 25, 2013 at 11:41 am

    pake minyak padat umm biar gk trlalu berminyak. slma ini sy goreng donat pake minyak padat

  20. Icak
    July 17, 2013 at 8:31 pm

    Salam mba mo tanya ini menteganya dicairin dulu ga ya?
    Trimakasih

    • mila
      February 2, 2014 at 12:31 pm

      klo bikin donat memang menteganya mesti dicarin dulu.. sori ikutan jawab hehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: