Home > Bayi, Kehamilan, Melahirkan > Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Saat seorang wanita dinyatakan hamil pasti dia akan langsung sibuk menandai kapan bayinya akan lahir kelak. Hari lahir bayi ini bersifat perkiraan saja dan biasanya bisa maju atau mundur selama satu minggu. Biasanya saat periksa kehamilan, dokter akan memberitahu HPL bayi. Anda pun bisa menghitungnya sendiri dengan rumus yang sederhana berikut.

Untuk menghitung HPL, caranya mudah. Yang perlu anda ingat adalah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Perlu diingat sebelumnya, bahwa perhitungan dengan cara HPHT ini akan mendekati akurat hanya jika siklus haid anda teratur. Teratur di sini maksudnya ialah siklus haid (jarak haid bulan lalu dan bulan kemudian) adalah dalam selang 28-35 hari. Bagi yang tidak teratur, misalnya siklusnya bisa mundur sampai 2 atau 3 minggu, atau bahkan sampai sebulan pernah tidak haid sama sekali, maka perhitungan ini kurang cocok. Mengapa? Karena perhitungan siklus haid mempengaruhi perhitungan ovulasi, yaitu satu di antara enam hari di masa subur. (Lihat postingan Menghitung Masa Subur Wanita, untuk detailnya). Masa ovulasi adalah masa di mana sel telur dilepaskan, sehingga jika bertemu sel sperma pada saat itu akan terjadi pembuahan.

Nah, setelah mengetahui HPHT, maka rumus penghitungan HPL adalah:

HPL= HPHT + 7hari – 3 bulan

Sebagai contoh, pada saat hamil Syifa dulu, HPHT saya adalah tangga 26 November. Jadi HPL =  26+7= 3 Desember, lalu dikurang 3 bulan = 3 September.

Saat itu ternyata Syifa lahir pada tanggal 31 Agustus. Jadi maju selama 3 hari. Hal ini wajar karena seperti yang sudah dinyatakan di atas, yaitu tergantung masa ovulasi.

O ya, pada gambar di atas ada tool yang memudahkan untuk menghitung HPL. Saya mendapatkannya saat kunjungan ke dokter beberapa saat lalu. Jika anda lihat, di gambar tersebut ada dua macam lingkaran yang menampilkan deretan angka-angka. Pada lingkaran luar, terdapat kalender selama satu tahun, dari 1 Januari sampai 31 Desember. Sedang di lingkaran luar adalah perhitungan minggu-minggu kehamilan, yaitu berupa deretan angka dari 1 hingga 42. Sebelum angka satu tidak diberi angka, berarti nol.

Lingkaran dalam ini bisa diputar. Cara menggunakannya mudah saja. Angka nol sebagai awal permulaan perhitungan digeser sampai pada tanggal HPHT. Kemudian tinggal dilihat saja, pada minggu ke 40 jatuh pada tanggal berapa dan bulan apa. Itulah HPL.

Lalu untuk anga 41 atau 42, ini sebagai perkiraan jika kelahiran mundur dari 40 minggu. Namun maksimal hanya sampai 42 minggu. Jika bayi belum lahir pada masa ini maka dokter biasanya akan langsung melakukan induksi pada si ibu karena bayi memang sudah saatnya lahir.

About these ads
  1. January 3, 2010 at 10:18 pm

    wah saya cuma mau komen saja, lum pantes baca artikelnya, lha wong masih bujangan, hehehe

    • Ummu Syifa
      January 4, 2010 at 5:39 pm

      sebagai informasi dibaca sebelum nikah juga gapapa kok, insya Allah ada manfaatnya kelak bila telah menikah dan istri tengah hamil :) Makasih sudah mampir dan komen di blog ini.

  2. nurzj
    January 8, 2010 at 11:53 am

    hee.. kaget aku kok rumusnya dikurangi 3 bulan.. ternyata sama aja dg ditambah 9 bulan :p soalnya g pake angka taun :D

  3. February 22, 2010 at 5:26 am

    Wah, q ibu lilik. Q mo htung hr prtama min. Soalnx yg q ingat 23 mei qu tandai di kalender,tp q lupa apa itu hr slsainx q min. Trus gmn ya q ngitungnya?

    • Ummu Syifa
      April 27, 2010 at 3:38 pm

      jika ibu lupa hari pertama haid terakhir, maka HPL bisa dihitung melalui hasil USG di usia kandungan 10 minggu.

  4. rhee
    April 27, 2010 at 1:41 pm

    saya mau nanya,istri saya melahirkan tanggal 26 november dan saya tidak tauh haid terakhirnya kapan karena kami jarang membahasnya.yang saya tanyakan pada tanggal berapakah istri saya hamil atau dibuahi…….

    • Ummu Syifa
      April 27, 2010 at 3:36 pm

      kalau kasus ini berarti cara hitungnya dibalik. Dari tanggal 26 November – 7 hari + 3 bulan. Hasilnya hari pertama haid terakhir istri anda adalah 19 Februari. Tapi tanggal ini bisa jadi tidak akurat. Hal ini didasarkan atas banyak faktor; lamanya kehamilan (bisa jadi tidak genap 40 minggu), lalu siklus haid istri (jika siklus tidak teratur maka perhitungan dengan metode ini tidak bisa jadi acuan). Sehingga hasil perhitungan tanggal tersebut hanya bisa jadi perkiraan saja. Semoga membantu.

  5. June 8, 2010 at 7:04 am

    pas klhrn putri 1 sy ada beda hpl antr htngan hptp&hsl usg,kt dktr krn sblm hml sy smpt 2bl tdk mens..apa bs spt itu y?

  6. zuli
    June 8, 2010 at 3:56 pm

    contoh tanggal hphtnya koq bisa pas ya ma saya, tapi bulannya beda 1 bulan, brarti dari hitungan itu hpl saya 3 oktober nih…..makasih ya bu….

  7. abu faruq
    June 22, 2010 at 9:06 pm

    dimana saya bisa dapatkan kalender kelahiran sperti itu,atau kalo ada filenya boleh saya minta dikirim via email utk diprint?syukron

  8. July 20, 2010 at 12:33 pm

    thanks infonya umi.. lagi ngitung2 hpl si dede nih, :)
    salam kenal

  9. Veni ,,Ummu Yusuf Kanz Mushoffa:)
    July 29, 2010 at 11:14 am

    Assalamualikumm,,,insyaallah klo gtu HPL ane 5 februari 2011 :-) ,,,di bula yg sama dg kelahiran ane,,jika gk maju soale Alhamdulillah termasuk siklus normal 30hr,,lg ingat mengingat cra ngitung HPL,,,ehh dsini ada juga rupahnya

  10. Mamik Caturyati
    January 18, 2011 at 4:50 am

    Umi, aku lagi nyari TP menurut Naegle dan kawan-kawan, ada tugas kuliah. aku udah punya 2 buku referensi, tapi lagi nyari penjabaran yang rinci dengan bahasa yang sederhana, aku temukan dalam blog Umi. jadi sangat membantu aku untuk lebih memahami teori-teori Beliau, syukron ya, Umi (aku lagi nyantri di D-3 Kebidanan STIKES Sumbawa Barat NTB…..he…he..jauh ya…)

    • Ummu Syifa
      January 18, 2011 at 9:22 am

      alhamdulillah, sama2 mbak. Semoga dimudahkan dlm menuntut ilmu.

  11. January 27, 2011 at 11:48 pm

    assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,met kenal y um.tq infonya insaallah sangat bermanfaat untuk ana.

    o ,iya jangan lupa kunjungi blog ana juga y :http://aljayati.blogspot.com/.jazakillah khoiron katsiron

  12. husen
    February 15, 2011 at 11:11 am

    Jadi HPL = 26+7= 3 Desember, lalu dikurang 3 bulan = 3 September.

    desember’y dari mn buk???

    • Ummu Syifa
      February 15, 2011 at 11:30 am

      maksudnya 26 November + 7 hari jadinya 3 Desember.

  13. nina
    September 19, 2011 at 11:07 pm

    hi mba Umi,

    mo nanya nih, HPHT aq tgl 7 desember 2010…kira2 HPL nya tgl brapa? Klo terlambat dikit kira2 selisih brapa hari…

    Thx sblmnya

  14. November 21, 2011 at 9:20 pm

    kalo diketahuinya pada saat dibuahi bisa ga kita tau hari lahirnya?

  15. Hasna
    February 29, 2012 at 11:02 am

    selain dapat Menghitung Hari Lahir menurut HPHT,.. Apalagi yah???

    • Ummu Syifa
      March 1, 2012 at 7:26 am

      Dengan USG pada usia sekitar 10 minggu mba, bisa diukur usia janin sehingga dapat memperkiraan HPL.

  16. asih hayani yani
    March 5, 2012 at 1:57 pm

    Saya mau tanya,saya terakhir haid tgl 25 juni.itu kira-kira HPL kpn n tgl berapa.thanks yach

    • Ummu Syifa
      March 7, 2012 at 7:49 am

      dihitung saja mba Asih, dengan rumus jadinya (25+7 hari) – 3 bulan = kira2 sekitar tanggal 2 Maret.

  17. hayu
    March 23, 2012 at 5:07 pm

    kalo hthp nya tgl 24 maret 2012, hpl nya?trims yo mbak

    • Ummu Syifa
      March 25, 2012 at 7:26 am

      dihitung saja dgn rumus (HPHT + 7 hari) – 3 bulan = sekitar 31 Desember 2012.

  18. June 10, 2012 at 12:48 am

    dimana y kira2 bisa dapet pregnancy wheel begini???.dalam jumlah banyak,…sekitar 1000,…terima kasih,…:)

    • Ummu Syifa
      June 10, 2012 at 9:47 am

      mungkin bisa ke percetakan :)

  19. rennileo
    September 13, 2012 at 2:34 pm

    mb saya mau tanya, cara menghitung HPL tapi orangnya lupa HPHTnya itu memakai rumus apa ya selain USG?

    mohon bantuannya
    terima kasih ^_^

  20. January 6, 2013 at 4:09 am

    Saya mau tanya dok.saya terakhir mens 22 mei berarti skarang kadungan saya sudah 7 bulan dok kira2x kapan tgl lahir nya ya?

    Trims dari titi d cipinang.

    • Ummu Syifa
      January 11, 2013 at 10:37 pm

      HPL 29 Februari. Bisa maju atau mundur. Hanya 5% bayi yg lahir sesuai HPL. Btw, saya bukan dokter kok. Panggil umm saja :)

  21. mayang
    June 21, 2013 at 2:27 pm

    Ada kasus seperti ini:
    ada seorang ibu melahirkan pada tgl 19 Oktober, menstruasi setiap pertengahan bulan, pada bulan januari dia merasa tidak mens tapi hanya fleks2(keluar darah sedikit) saja selama 3 hari….maka dia menganggap HPHT adalah pertengahan desember
    mungkinkah itu hasil dari hubungan pada akhir desember atau ternyata fleks pada bulan januari itu adalah mens sehingga anak itu adalah hasil hubungan pada bulan januari/februari?
    karena jika dihitung mundur dari hari lahir; HPHTnya pada pertengahan januari, sedangkan jika dihitung HPHT dari pertengahan desember berarti usia kandungan adalah 44 minggu sedangkan si ibu tidak “dipaksa” melahirkan, malah hanya maju 2 hari dari perkiraan dokter.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: